Yuk, Kenali Bahaya MSG dan Bahan Penggantinya

Hai, Smart Ladies.

Dalam keseharian, penggunaan MSG (Monosodium Glutamat) tidak bisa kita hindari. Biasanya kita bisa menemukannya pada makanan pinggiran jalan sampai jajanan di supermarket. MSG memang membuat rasa makanan menjadi semakin sedap.

MSG alias micin merupakan gabungan dari dua kandungan yaitu glutamic acid dan sodium. Sebagai penyedap, MSG memiliki beberapa efek yang berbahaya, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan jangka waktu panjang.

Bahaya MSG Jika Dikonsumsi dalam Jumlah berlebih

Penggunaan MSG pada makanan sering sekali dijadikan kambing hitam. Ladies pasti sering bertanya-tanya, apa benar jika mengonsumsi MSG terlalu banyak akan berefek bodoh?

Kandungan glutamat dalam MSG menjadi neurotransmitters yang penting bagi otak. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak otak akan mengalami kerusakan dan penurunan fungsi saraf. Sedangkan jika dalam jangka panjang bisa menyebabkan demensia atau alzheimer. Penelitian pernah dilakukan pada seekor tikus yang diberi MSG, hasilnya adalah tikus cenderung mengalami kegemukan dan kerusakan otak. Sebenarnya boleh saja mengonsumsi MSG, tetapi harus mengikuti takaran yang dianjurkan olah ahli gizi. Takarannya kurang lebih seperempat sendok teh.

Bahan Pengganti MSG

Rasa gurih dari MSG memang membuat ketagihan. Namun, sebenarnya ada beberapa bahan subtitusi yang bisa menggantikan peran MSG. Ahli Gizi YOUVIT, Rachel Olsen mengatakan bahwa ada bahan-bahan makanan yang memiliki rasa mirip MSG. Misalnya, rumput laut, jamur, dan daun seledri. Bahan-bahan itu mampu mengeluarkan rasa MSG secara alami.

Jika Ladies merasa masih kurang, bisa juga menambahkan bumbu alami seperti:

1. Daun Ketumbar

Daun ketumbar yang memiliki aroma kuat sering sekali digunakan sebagai bumbu dirasakan China maupun Meksiko. Namun, untuk di Indonesia masih sangat jarang.

2. Daun Kemangi

Daun kemangi, biasanya sebagai lalapan di Indonesia. Kemangi sangat cocok diolah dengan lauk apapun, bagus sekali untuk kesehatan jantung.

3. Rosemary

Rosemary, daun ini cenderung segar dan berasa minty, cocok sekali diolah bersama dengan daging kambing. Di Indonesia jarang sekali yang menggunakan.

4. Thyme

Thyme, sangat bagus untuk kesehatan liver, daun ini cocok untuk olahan daging ayam dan sapi.

5. Oregano

Oregano, rasanya cenderung mirip jamu. Namun, oregano justru cocok dicampur aneka pasta, saus, dan daging ayam. Oregano berguna untuk menjaga bakteri baik di dalam perut, sehingga pencernaan lebih lancar.

Menggunakan MSG sah-sah saja, tetapi harus kita ingat jangan terlalu banyak. Jangan sampai merusak tubuh kita, gunakan sesuai takaran normalnya. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment