Rahasia 10 Bahan Makanan untuk Mata Sehat dan Cantik

Halo, Smart Ladies!

Saat ini, banyak sekali kita jumpai anak-anak yang baru berusia 5 tahun tetapi telah memakai kacamata. Hal ini menimbulkan keprihatinan para orang tua. Banyak faktor penyebab anak-anak mengalami mata minus, dan silinder, misalnya faktor keturunan, ruang kurang cahaya saat membaca, bermain ponsel dengan jarak sangat dekat, atau kurangnya asupan makanan yang menunjang kesehatan mata.

Sangat disayangkan bila gejala ini terus-menerus terjadi tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya, apalagi jalan keluarnya. Berikut ini 10 bahan makanan kaya vitamin dan mineral yang berguna mengurangi gangguan mata dan meningkatkan kesehatan mata yaitu:

1. Wortel

Wortel dapat menjadi salah satu asupan makanan andalan untuk memiliki mata sehat. Kandungan vitamin A pada wortel sangat dibutuhkan mata untuk tetap jernih, cerah, segar, dan terhindar dari minus.

2. Bayam

Dilansir dari The Health Site, sayuran hijau satu ini kaya akan antioksidan, yaitu lutein dan zeaxathin. Kandungan ini dapat mencegah age macular degeneration atau degenerasi makula terkait usia dan katarak yang seringkali menyerang orang tua.

 


3. Ubi Jalar

Ubi jalar termasuk dalam kelompok buah dan sayuran berwarna oranye bersama jenis lainnya, seperti wortel, melon, mangga, dan aprikot. Buah dan sayuran oranye ini mengandung betakaroten yang tinggi. Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin A yang baik untuk membantu penglihatan menyesuaikan diri dengan kegelapan. Ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang diperlukan tubuh.

4. Telur

Telur mengandung zat lutein dan zeaxanthin yang biasanya terdapat pada sayuran berdaun hijau. Tidak hanya itu, telur juga mengandung seng. Semua kandungan zat ini dapat mencegah katarak dan degenerasi makular, yaitu penyakit serius pada retina mata.

5. Ikan Laut

Kekurangan DHA pada mata menyebabkan gangguan penglihatan. Jenis ikan laut yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata adalah salmon, makarel, dan tuna.

6. Jeruk

 Vitamin C yang terdapat pada jeruk ternyata dapat meningkatkan kesehatan jaringan mata dan membuatnya tetap sehat terjaga.

7. Alpukat 

Alpukat mengandung lutein yang sangat bermanfaat untuk mata. Ternyata, buah ini dapat membantu penyerapan nutrisi alpha karoten dan beta karoten yang penting sebagai bahan pembentuk vitamin A.

8. Tomat

Mengonsumsi tomat dapat membantu mengatasi masalah penglihatan karena mengandung likopen, senyawa yang melindungi mata dari radiasi UV yang berbahaya. Vitamin E dalam tomat dapat mencegah kerusakan retina dan membantu mempertahankan penglihatan yang baik.

9. Pepaya

Vitamin A dan flavonoid pada pepaya, mencegah kerusakan selaput lendir dan mampu melindungi mata dari peradangan.

10. Paprika

Paprika banyak mengandung vitamin C yang baik untuk pembuluh darah di mata. Artinya, hal itu bisa menurunkan risiko terkena katarak. Agar vitamin C dalam paprika tidak pecah, sebaiknya dikonsumsi mentah. Paprika berwarna cerah lainnya  mengandung vitamin A dan E yang ramah mata.

Kebiasaan mengonsumsi makanan sehat, seperti ikan, kacang-kacangan serta sayur dan buah-buahan, selain membuat tubuh tercukupi vitamin mata, juga  tetap sehat. Cara yang mudah dan murah ini dapat menjadi gaya hidup sehat keluarga. Dengan mengonsumsi makanan di atas secara teratur, dapatkan penglihatan yang sehat. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jika telah mengalami gangguan mata, upaya yang dilakukan akan membutuhkan biaya yang besar.
















Related posts

Leave a Comment