Karya Perempuan Dalam Tulisan, Tiada Batas

Hai, Ladies!


Semua setuju bahwa buku adalah jendela dunia. Dari sebuah buku, seseorang bisa mengetahui gambaran alam dari belahan dunia yang belum pernah didatanginya. Melalui buku, kita dapat merasakan sakit, beratnya perjuangan, sekaligus kebahagiaan seorang ibu dalam proses persalinan. Seseorang juga bisa merasakan amarah yang membara, bahkan turut dalam suka cita jatuh cinta, hanya dengan membaca suatu karya tulisan.

Masuk Dunia Kepenulisan

Merangkai kata menjadi satu karya tulisan yang bernyawa dan enak dibaca, bukan hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Namun, tidak demikian dengan ibu guru cantik yang satu ini. Beliau adalah Bunda Rina Maruti. Pengajar Tata Busana dan Kewirausahaan yang sejak kecil memiliki hobi membaca ini, mengawali karir kepenulisannya sejak bergabung dengan KMO Indonesia (Komunitas Menulis Online) di akhir bulan September 2014. KMO Indonesia didirikan oleh coach Tendi Murti menjadi cikal bakal lahirnya penulis-penulis berkarakter, salah satunya adalah Bunda Rina Maruti.

Dari KMO inilah, akhirnya Bunda Rina Maruti dipertemukan dengan komunitas IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis), Joeragan Artikel (media daring yang menampung artikel-artikel) dan Indscript (perusahaan jasa agensi naskah dan pelatihan kepenulisan). Sejak saat itu, kesibukan Bunda Rina Maruti dalam dunia kepenulisan semakin tak terbendung. Bisnis fashion yang sedang berada di puncak dan usaha rias pengantin akhirnya terpaksa beliau tinggalkan.

Sebagai sosok tegas dan multi talenta inilah, akhirnya beliau diangkat sebagai Kepala Sekolah KMO Indonesia membantu coach Tendi Murti mewujudkan impian para calon penulis untuk berbagi manfaat karya kepenulisannya.

Sampai saat ini, begitu banyak karya tulisan Bunda Rina Maruti yang terpublikasi. Di antaranya, artikel tentang pendidikan, parenting, motivasi, perempuan, bisnis, kepenulisan, pernikahan, fashion, dan kecantikan. Selain itu, lebih dari 15 buku antologi karya bersama dengan penulis-penulis lainnya. Hingga akhirnya, buku solo karya Bunda Rina dengan judul “Jangan Jadi Muslimah Dekil” berhasil bertengger cantik di rak toko buku Gramedia di tahun 2017. Buku ini ditulis Bunda Rina karena rasa gemasnya pada banyak perempuan yang kurang peduli pada penampilan diri sendiri, khususnya yang telah menikah. Padahal, jelas dalam agama bahwa kebersihan adalah bagian dari iman.

Buku yang mengulas habis tentang bagaimana seorang perempuan harus bisa merawat tubuh dan menjaga penampilan dari ujung rambut hingga kaki. Lengkap dengan penjelasan Ilmu Fiqih tentang tabarruj serta tips perawatan wajah dengan menggunakan bahan dapur yang mudah didapat. Keren, ya? Wajib baca, nih! Buku solo perdana inilah. Akhirnya membawa Bunda Rina menjadi salah satu pembicara di atas panggung megah Jumpa Penulis tahun 2017 yang dihadiri sekitar 1000 peserta. Wooww…

Walaupun, sebagai seorang ASN yang memiliki banyak aktivitas di salah satu sekolah negeri di Bogor, beliau tidak pernah kehabisan energi untuk selalu berkarya. Terbukti saat ini, di samping beliau tengah mempersiapkan peluncuran buku solo ke-2, Bunda Rina juga sedang menyelesaikan penulisan buku solo ke-3 dan tiga novel sekaligus. Beliau juga siap membantu sebagai Ghost Writer, apabila ada yang bermaksud membuat karya tulisan, tetapi bingung menuangkannya.

Jika penasaran ingin tahu lebih banyak lagi tentang beliau, atau berminat jasa ghost writingnya, bisa langsung kunjungi akun beliau sebagai berikut :
FB. Rina Maruti
Instagram. @Rina maruti
Blog. rinamaruti.com

*****************

Related posts

Leave a Comment