Jalan Bisnis Sang Ibu Guru

Ada berbagai alasan yang menjadikan seseorang terjun ke dunia bisnis. Salah satu yang  menjadi penyebab Bunda Neneng Heni Mardaleni atau biasa disapa Bunda Heni ini menekuni bisnis adalah rasa khawatir tidak mampu menyekolahkan putra bungsunya saat beliau pensiun.

Bunda dari tiga orang putri dan 1 orang putra ini sudah mengajar mata pelajaran Biologi di SMA 48 sejak tahun 1983.

Bergelut di Bidang Pendidikan

Bertahun-tahun bergerak di bidang pendidikan membuat Bunda Heni paham betul bagaimana pentingnya pendidikan bagi seseorang dan paham sekali besarnya biaya yang harus disiapkan.

Oleh karena itu, beliau memulai bisnis dengan membuka bimbingan belajar dengan pertimbangan sesuai dengan bidang yang dikuasainya.

Namun, rupanya kesamaan dengan bidang yang tengah digeluti tidak menjamin akan membuat bisnis berkembang sesuai harapan. Yang terjadi malah timbul kejenuhan sehingga beliau mulai mencari ladang bisnis yang baru.

Pencariannya berlabuh pada bisnis yang berbasis Multi Level Marketing dengan pemasaran produk-produk dari perusahaan Swedia, yaitu Oriflame. 

Pilihan perempuan kelahiran Banjar, 8 Maret 1960 ini terhadap produk Oriflame diawali dengan kebutuhan beliau dalam mencari suplemen makanan sebagai penunjang dietnya. 

Saat itu tahun 2013, Bunda Heni terserang penyakit ‘Arteroartritis’ atau radang sendi dan penyumbatan pembuluh darah jadi badan tidak boleh terlalu besar. Dokter menyarankan agar beliau menurunkan berat badan sekitar 15 kg selama 2-3 bulan. 

Bisnis Oriflame

Selain bisa memenuhi kebutuhan penunjang dietnya,  bisnis ini bisa dikerjakan di sela-sela waktu mengajarnya dan online. Itulah sebab mengapa beliau memilih Oriflame sebagai ladang bisnisnya yang baru.

“… Oriflame adalah bisnis pertama dan terakhir bagi saya, Insya Allah,” ujar Bunda Heni.

Lima tahun menjalani bisnis tentu ada suka dan duka yang dilalui beliau. Sukanya adalah berkenalan dengan ibu-ibu pejuang keluarga se-Indonesia, membina jaringan dan memberi kesempatan kepada mereka untuk mempunyai penghasilan. Sementara dukanya adalah saat bisnis stagnan dan gagal dalam membina jaringan.

Pengalaman yang paling berkesan buat beliau ketika mampu membantu perempuan jadi mandiri secara finansial.

Saat ditanya apa yang menjadi harapannya di tahun 2019 ini, Bunda Heni menyampaikan bahwa beliau  memiliki impian menjadi senior manager di bisnisnya dan memiliki penghasilan yang cukup untuk membiayai sekolah putranya yang saat ini menimba ilmu di ITS semester tiga.

Bagi yang ingin menimba ilmu dari beliau atau ingin bersama membangun kekuatan finansial dengan bisnis Oriflame, bisa menghubungi Bunda Heni di Sosial Media Facebook dengan nama akun “Neneng Heni Mardaleni”.

Tangerang, 19 Januari 2019

Nusifera Sundari
Follow me
Nusifera Sundari
Follow me

Latest posts by Nusifera (see all)

Related posts

Leave a Comment