4 Pertanyaan yang Wajib Dijawab Sebelum Memulai Bisnis Impian

Halo, Smart Ladies!

Hari terus berganti, apakah resolusinya berkembang atau hanya menjadi catatan di awal tahun? Memiliki mimpi menjadi pebisnis dan mengisi tabungan adalah keinginan banyak orang. Namun, pertanyaan berikutnya adalah bisnis seperti apa yang sebaiknya kita buka? Tawaran menjamur, iming-iming omset besar juga sangat penggiurkan, tetapi pada kenyataannya tutup di tahun pertama.

Sebelum memulai bisnis sebaiknya Ladies menyempatkan diri menjawab 4 pertanyaan berikut ini.

1. Seberapa Besar Minat dan Kecintaan

Sebaiknya, mulailah bisnis pada bidang yang kita cintai. Misalnya jika kita hobi memasak, bukalah katering atau toko kue. Saat kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai, apapun tantangannya akan dilewati dengan senang hati. Seorang wanita yang senang berhias, mungkin bisa mencoba peruntungan dengan membuka jasa tata rias atau salon kecantikan. Intinya, bukalah bisnis sesuai dengan apa yang kita minati, ya, Ladies.

2. Sudahkan Menguasai Bidang Tersebut

Berbisnislah di bidang yang kita kuasai. Mengetahui banyak hal tentang apa yang sedang kita jalankan akan memudahkan kita dalam mengembangkan usaha. Memang tidak ada salahnya jika ingin keluar dari zona nyaman. Namun, bagi pemula sebaiknya memulai dari hal-hal yang sudah dikuasai dengan baik. Dengan begitu, kita  tinggal memfokuskan diri pada proses pengembangan usaha.

3. Sudah Adakah Pasarnya

Konsumen adalah bagian terpenting yang kita teliti saat memulai bisnis. Apakah barang atau jasa yang kita tawarkan dibutuhkan banyak orang? Saat kita menawarkan sesuatu yang merupakan kebutuhan banyak orang tentu akan lebih mudah bagi kita saat harus menjualnya. Modal berputar lebih cepat dan usaha mudah dikembangkan jika pasarnya sudah terbentuk, Smart Ladies.

4. Berapa Besar Uangnya

Bisnis apapun yang kita jalankan akan berakhir pada pertanyaan, berapa uang yang bisa kita hasilkan? Apakah bisnis kita bisa jadikan sumber income? Bisnis yang baik adalah bisnis yang profitnya terus berkembang, serta mampu menjadi sandaran hidup.

Saat empat pertanyaan tersebut dapat kita jawab dengan baik, maka itu adalah pertanda awal bahwa bisnis yang kita rintis akan berbuah manis. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang mulai dirintis bukan bisnis yang terus difikirkan dan dibicarakan. Semoga sukses, Ladies.   

Related posts

Leave a Comment