Iri pada Orang Lain? Yuk, Hilangkan dengan Cara ini!

Hai, Smart Ladies!

Perasaan iri hati itu kerap muncul karena kita tidak menyukai orang lain lebih sukses dan baik dibanding kita. Rasa iri bisa merusak hati dan pikiran menjadi tidak tenang.

Sifat iri akan membuat energi dan pikiran kita terbuang sia-sia. Namun, ada banyak cara untuk menghilangkan rasa iri hati terhadap orang. Caranya mudah sekali, asal kita konsisten, pasti berhasil dan mendapatkan hasil maksimal.

1. Mencari Penyebabnya

Pertama, kita harus tahu penyebabnya. Jika sudah mengetahuinya alasannya, akan lebih mudah menemukan cara yang paling tepat mengatasi rasa tersebut dan membuangnya jauh-jauh.

2. Jangan Pernah Membanding-bandingkan dengan Orang Lain

Jangan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain karena dalam hidup, setiap orang punya standar yang berbeda. Contohnya, ada orang yang sukses dan kaya raya, tetapi lebih memilih hidup dalam kesederhanaan. Namun, ada juga yang hidup pas-pasan, tetapi ingin tampil kaya. Jadi, berhenti menilai kesuksesan orang lain dari sisi materi.

3. Harus Menemukan Kelebihan dalam Diri

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Meskipun merasa penuh dengan kekurangan, tetapi sebenarnya ada kelebihan yang kita miliki. Segera temukan kelebihan kita. Itu akan menjadi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

4. Fokuslah Pada Kelebihan Kita

Salah satu cara menghilangkan rasa iri adalah fokus kita bisa lebih fokus pada kelebihan yang kita miliki. Arahkan pikiran dan energi untuk fokus pada kelebihan dan tinggalkan kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Jangan biarkan pikiran kira larut dalam kecemburuan.

5. Lingkungan Harus Mendukung

Manusia tak akan lepas dari lingkungan sekitar. Untuk menghilangkan rasa iri, lingkungan kita harus mendukung agar keterampilan yang kita miliki lebih terlihat dan dihargai.

6. Puji Orang Lain

Memberi pujian pada orang lain adalah hal mudah dan simpel. Namun, pada kenyataannya sulit dilakukan, apalagi saat memiliki rasa iri. Hal ini karena ada unsur egosentris bahwa setiap manusia merasa dirinya yang paling hebat. Belajarlah memuji orang-orang terdekat dengan tulus. Dengan demikian, akan muncul pikiran yang bersifat positif.

7. Jauhi Pemicu Pikiran Negatif

Di era digital seperti saat ini, banyak media sosial yang bisa menjadi pemicu untuk selalu berfikir negatif. Ketika melihat konten yang bersifat negatif, kita akan terseret di dalamnya. Contohnya, saat melihat suatu benda yang tidak mampu kita beli, secara tidak langsung akan menimbulkan rasa iri ketika melihat orang lain bisa memilikinya. Oleh karena itu, jauhi hal yang bisa membuat pikiran negatif timbul.

8. Hargai Diri Sendiri

Ladies harus lebih bisa menghargai diri sendiri dan berhenti menganggap diri ini tidak lebih baik dari orang lain. Hilangkan pikiran bahwa orang lain lebih hebat daripada kita itu salah satu pemicu munculnya rasa iri. Hargai apa yang kita miliki, semua kelebihan kita serta berusaha untuk menjadi lebih baik. Jika kita bisa menghargai diri sendiri, orang lain juga akan melakukan hal yang sama.

Nah, Ladies, kita harus terapkan hal-hal di atas supaya bisa terhindar dari iri hati. Jangan lupa untuk konsisten. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment