6 Alternatif Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Sehat

Hai, Smart Ladies!

Mempunyai bentuk tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap wanita, berbagai cara akan dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu diet atau mengatur pola makan yang dilakukan adalah tidak mengonsumsi nasi putih atau menggantinya dengan jenis makanan lain.

Nasi dihindari ketika berdiet karena membuat penumpukan gula dan lemak dalam tubuh. Sebagai alternatif pengganti nasi, pilih makanan yang mengandung karbohidrat komplek karena akan membantu mengontrol nafsu makan yang tinggi. Berikut adalah enam makanan pengganti nasi yang bisa Ladies coba.

1. Kentang

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang umum untuk mengganti nasi putih. Selain dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan, kentang juga dapat dikonsumsi sendiri, cukup dikukus dan dimakan langsung. Alasannya adalah kentang mengandung serat yang tinggi dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh`

kentang / wootekhmakassar.com

2. Nasi Merah

Jika ingin melakukan diet tetapi belum bisa meninggalkan nasi, Ladies bisa mengonsumsi nasi merah. Selain mengandung serat yang tinggi, nasi merah mempunyai kadar gula yang rendah sehingga dapat mengendalikan gula darah dalam tubuh.


3. Oatmeal

Oatmeal atau makanan gandum merupakan sumber serat yang sangat baik dan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain sebagai pengganti nasi, oatmeal memiliki efek kesehatan yang baik, seperti menurunkan gula darah dan kolesterol.

Oatmeal / yesvegetarian.com

4. Jagung

Jagung sudah populer sebagai makanan pengganti nasi di beberapa negara, yang paling umum adalah jagung dan jagung manis. Jagung memiliki manfaat sebagai antioksidan dan sumber serat tinggi.

jagung / keywordteam.com

Makanan yang berserat tinggi akan membantu menurunkan berat badan karena tubuh akan merasa kenyang lebih lama.

5. Ubi

Ubi bisa menjadi alternatif pengganti nasi dan kentang, karena lebih sehat dan cenderung rendah gula.

Ubi, terutama yang berwarna kuning atau oranye, mengandung vitamin dan serat yang tinggi.Selain itu, ubi juga kaya akan magnesium, mangan, dan karotenoid. Magnesium dan mangan berguna untuk  kesehatan jantung dan tulang, sedang karotenoid merupakan antioksidan yang dapat melawan penuaan dini serta mencegah kanker.

ubi / dishmaps.com

6. Shirataki´╗┐

Beras shirataki dibuat dari iles-iles ( umbi dan sayuran ) yang tumbuh di hutan. Konon, saat penjajahan Jepang, iles-iles dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

Beras ini mengandung nol karbohidrat, nol kalori, dan tidak mengandung lemak.Sebelum berbentuk nasi, shirataki lebih dahulu dikenal dalam bentuk mi dan sukiyaki dengan tekstur bening, kenyal, dan tawar.

Soal rasa, shirataki mempunyai rasa yang sama dengan nasi, yang membedakan tekstur shirataki yang transparan. Selain itu, shirataki dapat mengatasi sembelit dan menjaga gula darah menjadi stabil.

beras shirataki / cnnindonesia.com

Jika ingin mendapatkan berat badan yang ideal, maka Ladies bisa mencoba mengonsumsi jenis makanan di atas sebagai pengganti nasi.Jangan lupa untuk tetap makan buah dan sayuran disertai olah raga secara teratur. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Comment