3 Manfaat Berdoa Secara Psikologis Bagi Pembacanya

Halo, Smart Ladies!

Sejak kecil, setiap memulai aktivitas kita diajari untuk berdoa, mulai dari bangun tidur sampai terlelap  diwarnai dengan doa, ketaatan beragama dapat terlihat dari doa-doa yang diucapkan oleh seorang penganutnya. Semakin taat semakin banyak dan seringlah doa terucap.

Selain merupakan lambang ketaatan beragama, ternyata doa memiliki kekuatan tersembunyi untuk orang-orang yang mengamalkannya. Berikut ini adalah manfaat doa secara psikologis untuk mereka yang percaya pada kekuatannya.

1. Memberi Keberanian

Doa yang kita ucapkan ternyata mampu memberi kekuatan besar pada hati kita, Ladies. Dengan berdoa, hati menjadi lebih tenang, ketenangan ini bukan terjadi serta merta. Doa membuat kita merasa ditemani, ada tempat bergantung. karena itulah, hati kita menjadi jauh lebih tenang setelah berdoa. Selain itu, saat kita menghadapi permasalahan dan ketakutan sehingga nyali menjadi ciut. Berdoa membuat hati kita lebih berani menghadapi rintangan dan ketakutan.

2. Suntikan Optimisme dan Semangat

Perjalanan hidup yang penuh liku tidak selamanya menghadirkan cerita bahagia. Kadang juga jatuh dalam kegagalan dan putus asa. Pada saat demikian, berdoa mampu membuat kita merasa optimis. Kenyakinan bahwa Tuhan bersama kita di setiap perjalanan. Tuhan yang memberi kita kesempatan belajar dengan adanya kegagalan. Memulai hari dengan berdoa saat mencoba bangkit dari kegagalan membuat kita bersemangat mengisi hari esok, Smart Ladies.

3. Terapi Keseimbangan Emosi

Ladies, jika diamati setiap orang di lingkungan kita, banyak sekali orang yang kaya raya, pandai secara akademis, namun memiliki emosi yang labil sehingga terseret kasus kriminal. Hal ini terjadi karena orang tersebut tidak mampu mengendalikan emosinya. Pengelolaan stres yang buruk dan tidak adanya orang yang bisa diajak berbagi untuk setiap masalah yang mereka hadapi menjadi faktor pemicu emosi seseorang menjadi labil.  Berdoa bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Cobalah luangkan waktu saat sepi dan ungkapkan setiap kekesalan, permasalahan, dan keinginan dalam doa-doa panjang. Dijamin setelah itu perasaan menjadi lebih lega, karena apa yang mengganjal perasaan kita sudah diungkapkan tanpa ada ketakutan bahwa rahasia kita di ketahui orang.

Nah, Ladies. Mulai sekarang, jangan ragu untuk berdoa karena hal tersebut dapat menguatkan hati dan menyehatkan emosi. Semoga bermafaat and see you, Smart Ladies!

 

Sumber gambar: bangka.tribunnews.com

 

 

 

Related posts

Leave a Comment