9 Penyebab Bau Mulut, Terakhir Paling Berbahaya

Hai, Smart Ladies!

Bau mulut akan membuat pergaulan Ladies terganggu. Bau mulut  yang keluar dari lawan bicara akan membuat komunikasi tidak nyaman. Dengan kondisi bau mulut demikian, Ladies akan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi.

Bau tak sedap yang keluar dari mulut tidak begitu saja terjadi. Ternyata banyak faktor yang menyebabkan bau napas kurang sedap. Berikut sembilan penyebab bau mulut. Simak penjelasannya!

1. Kurang Minum

Saat Ladies kurang minum, maka produksi air liur pun akan ikut berkurang karena tubuh kekurangan cairan. Padahal, air liur berfungsi sebagai pembersih bakteri dalam mulut. Sel-sel dalam mulut yang mati karena kurangnya pasokan air liur menjadi sumber bau tak sedap mulut.

2. Tingginya Kadar Asam Lambung

Asam lambung dalam keadaan normal dapat  membantu proses pencernaan. Namun, saat kadarnya berlebih dapat menimbulkan penyakit maag. Ketika kita sakit maag, maka aroma asam cuka hasil produksi asam lambung yang berlebih seringkali ikut keluar melalui sendawa. Bau tak sedap pun ikut keluar dari mulut.

3. Gigi Kurang Bersih

Delapan puluh lima persen kasus bau mulut memang terjadi akibat kebersihan gigi yang kurang diperhatikan. Sisa makanan yang menempel pada gigi akan mengundang bakteri untuk mengonsumsinya dan berkembang biak. Tumbuhnya bakteri inilah yang menyebabkan bau mulut.

4. Lidah Kurang Bersih

Lidah menjadi bagian yang sering terlewat untuk diperhatikan kebersihannya. Kebanyakan orang hanya memperhatikan kebersihan gigi. Padahal, lidah juga bisa menjadi tempat bertumbuhnya bakteri yang menyebabkan bau mulut.

5. Makanan Beraroma Tak Sedap

Makanan berbau tak sedap yang kita konsumsi otomatis memengaruhi aroma yang keluar dari mulut. Bahan makanan yang memiliki aroma menyengat diantaranya jengkol, petai, bawang putih akan membuat mulut mengeluarkan bau tak sedap jika kita tak membersihkan mulut selepas memakannya.

6. Mulut Kering Akibat Alergi

Selain dehidrasi, penyebab mulut  kering adalah sesak napas akibat alergi. Saat kesulitan bernapas menggunakan hidung, maka kita akan melakukan pernapasan mulut. Hal inilah yang menyebabkan mulut kering serta memicu keluarnya aroma tak sedap.

7. Radang Tenggorokan

Tenggorokan yang mengalami peradangan, terutama bagian amandel, akan memproduksi butiran-butiran kalsium. Butiran-butiran ini muncul di bagian belakang tenggorokan dan menyebabkan aroma napas menjadi tidak sedap.

8. Penyakit Kanker

Kanker yang menyerang bagian leher, telinga, hidung, dan tenggorokan dapat memicu bau mulut yang berasal dari sel kanker itu sendiri. Walaupun kasus ini terbilang jarang ditemui, namun penyebab bau mulut yang satu ini adalah yang paling berbahaya.

9. Merokok

Sudah menjadi rahasia umum jika kebiasaan merokok banyak menimbulkan gangguan kesehatan. Salah satunya adalah kesehatan mulut yang akan beraroma tak sedap akibat dari efek asap rokok itu sendiri.

Demikian sembilan faktor penyebab bau mulut. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Comment