7 Cara agar Anak Tidak Takut Pergi ke Dokter

Hai, Smart Ladies!


Membawa anak pergi ke dokter kadang susah-susah gampang. Ada yang takut, ada juga yang tidak. Mengajak anak yang takut pergi ke dokter harus tahu caranya agar perasaan takut tersebut tidak terbawa hingga dewasa. Bagaimanakah caranya agar anak berani diajak ke dokter? Berikut penjelasannya:


1. Beri Buku Bacaan Tentang Dokter


Anak-anak paling suka jika diberi buku bacaan. Pada kesempatan ini, Ladies dapat menceritakan pada anak bagaimana kebaikan seorang dokter. Menceritakan pada anak seorang dokter dapat menyembuhkan dan mengatasi rasa sakit si anak


2. Membelikan Mainan Dokter-dokteran pada Anak


Bermain adalah sarana yang menyenangkan bagi seorang anak. Melalui bermain dokter-dokteran ini, anak dapat mengurangi dan menguasai rasa cemasnya saat dimainkan berulang-ulang.


3. Sering Membicarakan Kebaikan Seorang Dokter


Ceritakan pada anak tentang betapa mulianya tugas serang dokter. Dengan ilmunya, dokter dapat mengobati dan menolong orang yang mengalami sakit. Ladies dapat menceritakan hal ini berulang-ulang agar anak mengingatnya.


4. Jelaskan yang Sebenarnya, Jangan Membohongi Anak


Walau Ladies telah menceritakan tentang seorang dokter, jangan membohongi anak mengenai pemeriksaan dan pengobatannya. Contohnya adalah mengatakan disuntik itu tidak sakit, padahal kenyataan tidak seperti itu. Ladies dapat mengatakan pada anak “ disuntik itu sakit tetapi hanya seperti digigit semut.” Bila Ladies membohongi anak pada kesempatan lain anak tidak akan percaya lagi.


5. Jangan Menakuti Anak dengan Sosok Dokter


Pada saat anak tidak mau minum obat jangan katakan ia akan dibawa ke dokter untuk disuntik. Hal ini kurang baik karena anak menganggap kehadirannya ke dokter merupakan hukuman dari kesalahan yang diperbuatnya.


6. Kuasai Perasaan Ladies jika Melihat Anak Disuntik


Jangan sampai perasaan cemas, takut, dan tidak tega ini dilihat anak. Perasaan ini akan menular pada anak. Ada baiknya, Ladies menguasai perasaan sendiri dahulu baru mengajak anak ke dokter.


7. Jangan Halangi Anak Menguasai Rasa Cemas dengan Caranya


Beberapa anak baru dapat menguasai rasa cemasnya dengan membawa barang kesayangannya. Ada yang membawa bantal kesayangan, boneka, atau selimut bayinya. Biarkan saja karena ini akan membuatnya nyaman dan menghilangkan rasa cemasnya.


Ladies, membawa anak ke dokter usahakan pada saat anak tidak merasa ngantuk, lapar, dan rewel, ya. Semoga bermanfaat.

 

Sumber gambar: nakita.grid.id

Related posts

Leave a Comment