Perlukah Ibu Hamil Memakai Skin Care ?

Smart Ladies, adakah yang masih bertanya-tanya bolehkah ibu hamil menggunakan skin care? Sebagian besar ibu hamil akan mengalami perubahan hormon, efek yang ditimbulkan berbeda pada tiap orang. Ada yang kulitnya semakin cerah dan bersih, ada pula yang kulitnya makin kusam bahkan jerawatan.

Pada ibu hamil, kecenderungan kondisi kulit sangat berbeda. Bisa saja di kehamilan pertama, kulit cenderung normal tidak begitu ada perubahan, sedangkan di kehamilan ke dua ini, perubahanya sangat terasa. Kulit menjadi kering, bruntusan, kasar teksturnya dan kusam.

Kondisi kulit yang memburuk saat kehamilan dapat membuatibu hamil jadi galau Smart Ladies, mau pake skin care apa buat memulihkan kondisi wajah. Apalagi dengar dari teman-teman kalau bumil dianjurkan tidak pake skin care demi kesehatan janin. Wah, sedihnya tuh di sini.


Sebaiknya, konsultasi ke dokter SpOG, ternyata penggunaan skin care buat ibu hamil tidak dilarang, asalkan produk yang digunakan tidak mengandung bahan berbahaya.

Ada dua bahan berbahaya yang tidak boleh digunakan ibu hamil menurut dokter kandungan yaitu :

1. Mercury


Kosmetik yang mengandung merkuri memang tidak baik untuk kesehatan meskipun tidak sedang hamil. Apalagi jika Smart Ladies sedang hamil, dampak yang akan diberikan dari bahan ini adalah kerusakan dan gangguan perkembangan janin.

2. Hidroquinone

Kosmetik berbahan hidroquinone yang biasa terdapat pada krim pemutih ini sangat berbahaya. Jika sedang hamil, maka penggunaan krim ini harus dihindari.

Selain dua kandungan di atas, bahan-bahan yang masih dikhawatirkan berbahaya untuk bumil seperti salicylic acid, alkohol, paraben, masih bisa digunakan. Tapi sebaiknya produk yang mengandung bahan tersebut tidak digunakan setiap hari, atau kadarnya tidak lebih dari 2%. Pastikan juga kulit kita tidak alergi terhadap kandungan tersebut.

Sebaiknya konsultasi ke dokter, apakah masih diperbolehkan menggunakan skin care untuk merawat wajah sehari-hari. Smart Ladies meskipun kandungan seperti paraben, alkohol , salicylic acid termasuk katagori masih boleh digunakan, tapi lebih baik untuk menghindarinya dan beralih ke yang berbahan alami dan organik.

Semoga informasi di atas bisa membantu. Smart Ladies yang mungkin saat ini juga tengah hamil tetap konsultasikan skin care ke dokter kandungan masing-masing karena kondisi kesehatan bumil juga berbeda-beda tentunya. Salam sehat untuk semua ibu hamil.

Fidayati Fida

Latest posts by Fidayati Fida (see all)

Related posts

Leave a Comment