Ini 5 Keuntungan Berkunjung ke Cagar Budaya Indonesia

Cagar Budaya Indonesia

Halo, Smart Ladies!

Apa yang Ladies bayangkan ketika mendengar kata museum? Sebuah kunjungan yang membosankan karena melihat benda-benda tua yang tidak berhubungan dengan masa kini, mungkin itu yang ada di benak.
Ternyata, berkunjung ke museum atau cagar budaya lain tidak seperti yang dipikirkan. Banyak museum, tempat, situs, dan kawasan peninggalan masa lalu yang menarik untuk dijadikan destinasi wisata.

Fasilitas cagar budaya sudah dilengkapi layaknya tempat rekreasi. Banyak acara juga digelar pada hari tertentu agar menarik, seperti Gebyar 10001 Bendera yang pernah diselenggarakan Museum Gedung Perjanjian Linggarjati, Agustus 2018.

Selain itu, jika berwisata ke cagar budaya Indonesia, Ladies dan keluarga akan memperoleh beberapa keuntungan yang tidak ditemukan di tempat wisata lain.

1. Wisata Murah

Sebagian besar wisata sejarah memasang tiket masuk yang sangat murah, tidak lebih dari 10 ribu rupiah. Ladies dapat mengajak keluarga bersenang-senang tanpa harus merogoh kantung dalam-dalam.

2. Belajar dari Masa Lalu

Kebanyakan cagar budaya di Indonesia memiliki nilai sejarah tersendiri. Jika datang berkunjung, carilah pemandu wisata andal yang dapat memberikan penjelasan dengan menarik dan lengkap tentang wisata sejarah Ladies. Contohnya adalah jika kita berkunjung ke Gedung Perjanjian Linggarjati yang menyimpan sejarah kemerdekaan Indonesia. Mengetahui cerita dan melihat tempat Perundingan Linggarjati diselenggarakan akan membangkitkan rasa cinta tanah air.

3. Foto Unik

Setiap cagar budaya mempunyai keunikan tersendiri. Ladies yang menyukai fotografi bisa dengan mudah membuat foto unik di tempat seperti ini karena memiliki banyak tempat untuk menjadi latar belakang. Foto di depan Candi Borobudur atau di Kawasan Kota Tua Jakarta, misalnya sangat instagrameable.

4. Kuliner Tradisional

Sebagian besar wisata cagar budaya masih dikelola secara tradisional. Namun, ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Ladies yang menyukai kuliner tradisional. Banyak penjual makanan tradisional yang bisa ditemui di seputar tempat wisata. Harga yang ditawarkan penjual biasanya juga sangat terjangkau.

5. Mengenal Diri Sendiri, Masyarakat, dan Bangsa

Berwisata ke cagar budaya akan membuat Ladies lebih mengenal diri sendiri, masyarakat, dan bangsa. Banyak tempat atau situs purbakala yang menceritakan masyarakat zaman dahulu hidup. Ladies akan merasa bersyukur bahwa alam Indonesia menyediakan semua kebutuhan bagi penduduknya.

Ladies, ternyata cukup banyak keuntungan jika kita berkunjung ke sebuah cagar budaya. Jadi cukup layak jika cagar budaya Indonesia menjadi destinasi wisata pilihan berikutnya, yang akan dikunjungi bersama keluarga.

Related posts

Leave a Comment