Bukan Hanya Sabar, 5 Sifat Ini Wajib Dimiliki Seorang Guru Privat

Halo, Smart Ladies!

Tuntutan dunia pendidikan yang meminta anak mencerna pelajaran dengan cepat sekarang ini mendorong orang tua bekerja ekstra dalam mendampingi sang buah hati belajar. Orang tua yang tidak memiliki waktu banyak serta keterbatasan ilmu akan memilih lembaga pendidikan privat sebagai solusi. Banyaknya orang tua yang memerlukan bantuan dalam mendampingi anak belajar adalah ladang rezeki bagi kita dengan membuka usaha sebagai guru privat, Ladies.

Berikut adalah modal dasar yang harus dimiliki sebagai guru Privat.

1. Sabar

Kesabaran adalah kunci utama yang harus dimiliki seorang guru. Sabar saat menghadapi anak dengan berbagai kharakter dan tingkat kemampuan yang berbeda, memandang dan mengadapi setiap anak dengan tidak membandingkan satu sama lain sehingga mereka merasa nyaman.

2. Pandai Memotivasi

Belajar bagi sebagian anak adalah tugas yang membosankan. Bayangkan, sepanjang hari waktu mereka dihabiskan di sekolah, dibebani dengan berbagai tugas, belum lagi berlajut pada sekolah agama. Wajar jika anak datang ke tempat kita dengan sisa tenaga,dan kurang bersemangat Guru yang pandai memotivasi akan mampu membuat sang murid bersemangat kembali.

3. Kreatif dan Inovatif

Saat memilih menjadi seorang guru privat, berarti kita telah siap dengan berbagai sifat dan tabiat yang tak biasa dengan murid kita. Mungkin mereka datang dengan berbagai gangguan belajar diseleksia misalnya. Di sinilah seorang guru dituntut untuk kreatif dan inovatif, karena satu pola yang sukses diterapkan pada seorang murid belum tentu cocok diterapkan pada murid yang lain.

4. Mau Mendengar

Seorang guru pribadi yang baik adalah teman bicara yang menyenangkan bagi muridnya. Kenalilah mereka secara pribadi. Ajak mereka berbicara hal –hal yang santai tidak melulu mensehati. Sehingga, tercipta suasana yang menyenangkan saat belajar. Dalam hal ini perlu diingat, Ladies. Supaya tidak kebablasan sehingga mereka tetap memiliki rasa hormat terhadap kita sebagai guru mereka.

5. Menjaga Rahasia

Saat penghadapi murid apapun yang menjadi kesulitan atau kelemahannya hendaklah menjadi rahasia kita, Ladies. Jangan pernah membahas kekurangan itu di hadapan orang lain kecuali jika orang tuanya bertanya. Hal ini bertujuan agar nama baik murid kita tetap terjaga dan dia tak harus menghadapi bulian teman-temannya.

Nah, itu dia, Ladies. Sikap mental yang harus dipelajari dan dipraktikkan jika berminat menambah penghasilan sebagai guru privat. Tetap semangat dan semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment