4 Sikap Mental Masyarakat Jepang yang Patut Ditiru

Halo, Smart Ladies!

Apa yang terlintas di benak Ladies saat mendengar tentang negara Jepang? Negara asia dengan perkembangan teknologi yang pesat, budaya yang unik, etos kerja masyarakatnya yang patut di contoh, dan masih banyak lagi. Ya, negara berjuluk negeri sakura adalah salah satu negara asia yang diperhitungkan dan berperan penting dalam perkembangan ekonomi dunia.

Jepang menjadi negara maju berkat sikap mental masyarakat yang patut ditiru. Berikut ini kebiasaan orang Jepang yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Etos Kerja Baik

Masyarakat Jepang  dikenal sebagai orang-orang yang rajin dan disiplin. Dalam hal perkerjaan, mereka tekun dan loyal terhadap pekerjaan. Kedisiplinan ini dipupuk sejak mereka kecil. Anak sekolah di Jepang memiliki tingkat kehadiran 99%, mereka menganggap bahwa datang terlambat adalah sesuatu yang sangat memalukan.

2. Peduli Terhadap Gizi

Orang jepang sangat memperhatikan makanan yang dikonsumsi, mereka lebih suka makanan dalam porsi kecil, menghitung kalori, lebih memilih sayuran daripada danging, proses memasaknya juga sangat diperhatikan. Tidak mengherankan, jika Jepang adalah negara dengan tingkat obesitas terendah di dunia, Ladies.

3. Menghargai Budaya

Jepang adalah salah satu negara dengan peradaban terbaik di dunia. Terbukti peninggalan nenek moyang tersebut masih terjaga sampai sekarang. Hal ini terjadi karena anak sekolah di sana diwajibkan untuk mempelajari budaya leluhurnya, mereka harus mengerti tentang huruf kanji. Selain itu, mereka juga mempelajari puisi kuno seperti Haiku yang merupakan peninggalan zaman edo. Sopan santun dan tata krama adalah pelajaran utama yang diajarkan di sekolah dasar di Jepang.

4. Hidup Sederhana

Kesederhanaan juga menjadi nilai plus yang dimiliki penduduk negeri sakura. Tren minimalis sedang mewabah di sana, Ladies. Bagaimana mereka berlomba mengosongkan rumah agar tampak lapang. Memiliki sedikit pakaian dan perabotan, bukan karena mereka tidak sanggup untuk membeli. Namun, masyarakat Jepang lebih memilih untuk menginvestasikan uang mereka daripada mengedepankan gengsi dan berprilaku boros, Ladies. Jadi ,tidak perlu heran jika melihat orang Jepang yang memakai pakaian yang itu-itu saja, atau, saat berkunjung ke rumah mereka di dapur hanya ada piring sejumlah anggota keluarga, itu sudah biasa untuk mereka.

Itu dia, Ladies, kebiasaan orang Jepang yang layak kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga mampu menambah wawasan dan menjadi pencerahan bagi kita semua, See you.  

Sumber gambar: travel.tribunnews.com

 

Related posts

Leave a Comment