8 Manfaat Menyimpan Foto bagi Kehidupan

Hai, Smart Ladies!

Memotret pada zaman ini sudah menjadi suatu kebutuhan. Untuk mengambil foto yang bagus, Ladies tidak perlu memiliki kamera khusus. Hanya dengan ponsel sederhana yang dilengkapi fitur kamera, kita sudah dapat mengabadikan sebuah peristiwa dan kegiatan bersama relasi atau keluarga. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, sebuah foto dapat dikirimkan menggunakan ponsel. Jika diinginkan, sebagian foto pilihan dapat dicetak. Ternyata, menyimpan foto memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Mengingat Suatu Peristiwa

Banyak peristiwa menarik dapat diabadikan dalam bentuk foto, misalnya saat bepergian bersama keluarga atau teman, kegiatan bisnis, dan lainnya. Ketika melihat foto, kita dapat mengingat sebuah peristiwa dengan mudah. Bahkan, saat berusia lanjut pun, Ladies masih dapat mengingat detail sebuah peristiwa dalam foto.

2. Menyimpan Kenangan

Perjalanan hidup seseorang dalam suka dan duka dapat diungkap kembali melalui sebuah foto.  Masa yang telah dilewati bersama orang-orang yang kita cintai merupakan momen manis yang tak akan dilupakan. Kenangan tersebut dapat membangkitkan semangat, kerinduan, bahkan kesedihan hati. Namun, kita dapat menyimpannya sebagai bagian dari perjalanan hidup.


3. Merekam Jejak

Kisah masa kecil, remaja, dewasa, dan tua yang direkam dalam foto menunjukkan jejak kehidupan kita dari waktu ke waktu. Seseorang yang kehilangan keluarganya dapat bertemu kembali dengan bantuan sebuah foto.

 

4. Bahan Berbagi Cerita

Hanya dengan foto-foto seseorang dapat berbagi banyak cerita, baik kisah yang menggembirakan, mengharukan, atau menyedihkan sekalipun. Bagi yang mendengar kisah-kisah tersebut akan merasakan seakan berada bersama pencerita pada masa itu.

 

5. Dekorasi Rumah

Beberapa foto yang kita anggap menarik dapat digunakan sebagai dekorasi ruang. Rumah yang dipenuhi foto akan terasa hangat bagi pemiliknya maupun tamu yang berkunjung.
Selain membuat rumah lebih cantik, foto juga dapat menunjukkan kepribadian pemiliknya.

 


6. Terapi Jiwa

Saat melihat foto, kita akan merasakan ketenangan dan kesejukan. Dengan demikian, kita dapat melupakan sejenak berbagai masalah hidup.


7. Memulihkan Ingatan Penderita Demensia

Gambar yang terekam dalam foto akan tersimpan dalam ingatan. Memori otak mampu merespons sebuah peristiwa melalui foto-foto tersebut. Penderita demensia dapat dipulihkan ingatannya secara bertahap dengan melihat foto.

 

 8. Merekatkan Hubungan Persahabatan

Jika anak-anak kita tidak pernah bertemu dengan saudara jauh, tali persaudaraan makin lama akan terkikis. Foto-foto mampu menjadi perekat persahabatan dan persaudaraan.

Mengabadikan kenangan manis dalam sebuah foto, mencetak, dan menyimpannya dalam sebuah album memang tidak praktis. Namun, tak ada salahnya Ladies mencetak hanya foto-foto terbaik, terutama yang akan digunakan sebagai dekorasi ruangan. Selebihnya simpan semua foto dalam file komputer.

 

Sumber gambar: fotomatis.blogspot.com

 

Related posts

Leave a Comment