7 Cara Alami Mencegah Cacingan pada Anak, Nomor 3 Paling Mudah

Anak-anak memiliki risiko yang lebih besar mengidap cacingan dibandingkan orang dewasa. Gangguan cacingan dapat menular dengan mudah dalam sebuah lingkungan. Telur cacing yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh akan menyerang bagian pencernaan dan berkembang di dalam usus halus.

Anak dan orang tua seringkali tidak menyadari gejala yang timbul akibat cacingan. Dampak negatif baru disadari jika anak sudah jatuh sakit. Sebelum anak terkena cacingan, sebaiknya cegah dengan 7 cara alami ini.

 

1. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Kebersihan adalah hal utama untuk mencegah cacingan. Perhatikan kebersiahan tangan dan kaki dengan rajin mencucinya setelah beraktivitas dan memakai fasilitas umum. Mandi dan mengganti pakaian setiap habis mandi untuk menjaga kebersihan badan. Kuku yang panjang dapat menjadi sarang telur cacing, guntinglah secara rutin dan hindari kebiasaan menggigit kuku. Menjaga kebersihan tempat tidur pun harus dilakukan dengan mengganti secara rutin sprei dan sarung bantal.

2. Nutrisi Makanan yang Tepat

Mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung serat akan menjaga saluran pencernaan agar tidak mudah terinfeksi cacing. Pencernaan yang mengandung banyak karbohidrat dan gula sangat disukai cacing untuk menetap dan berkembang biak. Mengonsumsi minuman yang mengandung prebiotik baik dilakukan agar pencernaan tetap terjaga dari cacing.

3. Tambahkan Bawang Putih

Cacing takut dengan aroma dan kandungan kimia yang terdapat pada bawang putih. Ladies, cukup tambahkan bawang putih sebagai bumbu masakan untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Bumbu alami ini tidak akan disadari oleh anak saat memakannya.

4. Makan Kelapa

Banyak anggapan bahwa dengan mengonsumsi kelapa akan membuat cacingan. Ternyata, kelapa justru membantu tubuh bersih dari infeksi cacing. Makan sedikit kelapa mentah dapat membantu membunuh serta mengeluarkan cacing bersama tinja.

5. Makan Wortel Mentah

Biasanya, anak-anak tidak suka dengan rasa wortel mentah. Padahal bahan makanan ini baik sekali untuk menjaga tubuh dari cacingan. Seminggu sekali makan satu batang wortel akan membantu mengatasi cacingan. Sup atau jus wortel dapat menjadi menu pilihan jika anak tidak menyukainya.

6. Cuka

Cuka akan membuat cacing dalam saluran pencernaan mati dan keluar bersama tinja. Pilihlah jenis cuka yang aman dikonsumsi langsung, misalnya cuka yang dihasilkan dari buah seperti cuka apel.

7. Obat Cacing

Mengonsumsi obat cacing merupakan tindakan pencegahan agar infeksi tidak berulang. Konsultasikan dengan dokter saat akan memberikan obat cacing karena biasanya anak akan merasa tidak nyaman setelah pemberian obat tersebut.

Semoga kita terhindar dari bahaya cacingan, ya, Ladies!

Related posts

Leave a Comment