6 Cara Mudah Mengatasi Demam di Rumah

Hai, Smart Ladies!

Demam sebenarnya adalah mekanisme alami tubuh saat ada zat asing yang masuk. Ketika sel darah putih melakukan perlawanan, hipotalamus otak memerintahkan tubuh untuk menaikkan suhu. Suhu tubuh yang meningkat menjadi alarm bahwa tubuh terserang penyakit.

Ada banyak hal yang menyebabkan demam. Namun, tidak semua demam berbahaya dan harus diatasi dengan obat-obatan, apalagi dengan antibiotik.

Pertolongan pertama untuk penderita demam dapat dilakukan di rumah dengan cara berikut.

1. Perbanyak Konsumsi Cairan

Saat suhu meningkat maka cairan tubuh ikut menguap. Mengonsumsi lebih banyak cairan atau minum sangat dianjurkan. Demam dapat bertambah parah karena tubuh kekurangan cairan.

2. Menggunakan Kompres

Menggunakan kompres, menurut ahli kesehatan sangat efektif untuk menurunkan demam. Cara mengompres yang benar adalah menggunakan handuk dicelup air hangat, lalu ditempelkan pada dahi, ketiak, dan lipatan paha. Sebaliknya, mengompres dengan air dingin menyebabkan suhu tubuh makin tinggi karena melawan rasa dingin. Selain menurunkan panas, kompres membuat tubuh yang sakit menjadi lebih nyaman.

3. Beristirahat yang Cukup

Istirahatlah ketika Ladies merasa demam. Istirahat membuat energi yang dimiliki tubuh lebih fokus mengatasi infeksi. Dengan demikian, sakit akan segera hilang dan tidak bertambah parah.

4. Mengonsumsi Buah

Buah mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, cairan yang dikandung buah rasanya menyegarkan sehingga cocok dikonsumsi saat sakit.

Buah pisang dianjurkan untuk penderita demam karena batuk. Kandungan kalium dalam pisang membuat Ladies dapat tidur lebih nyenyak meski hidung tersumbat.

5. Tetap Makan

Meski nafsu makan berkurang, penderita demam dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan, meski sedikit. Makan menjaga tubuh agar tetap mempunyai energi cukup untuk melawan infeksi atau sebab demam lain.

6. Menggunakan Bahan Alami

Kebanyakan orang percaya bahwa bahan alami berkhasiat menurunkan demam, contoh bawang merah, bawang putih, kunyit, dan jahe. Bahan-bahan tersebut mudah dijumpai di rumah dan mengandung minyak atsiri dan antibiotik alami.

Bawang merah dapat dicampur dengan minyak kayu putih dan dioleskan ke seluruh tubuh, sementara kunyit dan jahe direbus untuk diambil sarinya dan diminum.

Itulah enam cara mudah menurunkan demam yang dapat dilakukan Ladies di rumah. Segeralah berobat ke dokter jika setelah tiga hari demam tidak kunjung turun atau naik turun lebih dari lima hari. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: bangka.tribunnews.com

Related posts

Leave a Comment