8 Tips Jitu Mengatasi “Stage Fright” atau Demam Panggung

Halo, Smart Ladies!

Demam panggung atau grogi sering kita alami saat berceramah, menyampaikan kata sambutan, membuka suatu acara,  atau sekadar maju untuk menerima penghargaan. Memang, tidak semua orang fasih berbicara di depan umum (public speaking). Sebagian orang mengaku sebelum mereka lancar berbicara di depan umum, pada mulanya mereka juga mengalami kegugupan. Setelah  menghabiskan banyak waktu untuk berlatih, mereka kini menjadi pembicara handal.  Hal-hal yang menyebabkan demam panggung, misalnya rasa malu, takut, minder, khawatir yang berlebihan, atau situasi baru. Penyebab lain adalah baru pertama kali naik panggung, belum terbiasa, kurang persiapan, atau kurang percaya diri. Berikut tips mengurangi demam panggung.

1. Persiapan Mengenal Audiens

 Sebelum tampil, idealnya Ladies melakukan persiapan untuk mengetahui kondisi audiens. Hal-hal yang perlu diketahui, yaitu gender, latar belakang pendidikan, atau kapasitas audiens dalam memahami materi. Dengan demikian, Ladies  mengetahui cara berinteraksi dengan mereka. Ketika tiba di lokasi, berbaurlah dengan penonton, ajak mereka berkomunikasi. Hal ini akan membuat Ladies lebih nyaman dan merasa mereka seperti kawan.

2. Persiapan Waktu

Datang lebih awal di lokasi akan berpengaruh terhadap mental kita. Kita dapat menguasai diri dan menjadi lebih tenang dengan melihat orang-orang berdatangan sedikit demi sedikit

3. Persiapan Materi

Sebaiknya topik yang disampaikan disesuaikan dengan pengetahuan yang kita kuasai dengan baik sehingga bisa lebih mudah dalam penyampaiannya. Berlatihlah berbicara di depan cermin besar supaya Ladies akan makin percaya diri saat maju ke panggung.

4. Persiapan Penampilan

Persiapan yang harus dilakukan meliputi sarana dan prasarana, termasuk pakaian yang akan dikenakan, laptop, LCD, pointer, sound system, materi, dan mik.

5. Persiapan Mental

Tarik napas dalam-dalam sebanyak 3 kali atau lebih untuk menghilangkan grogi saat naik ke panggung. Bersikap rileks dan santai juga dapat mengurangi perasaan gugup. Jangan lupa berdoa agar Allah memberikan kelancaran saat Ladies di depan umum.

6. Memberdayakan Pikiran Positif

Lakukan visualisasi, yaitu teknik membayangkan dampak dan pengaruh dari materi yang disampaikan. Hindari sikap terlalu fokus pada diri sendiri. Hal ini akan menimbulkan kekhawatiran yang dapat menyebabkan demam panggung. Usahakan lebih memperhatikan materi yang akan diulas sehingga kegugupan bisa dihindari.

7. Mahir Berimprovisasi

 Improvisasi  sangat berguna ketika situasi membuat Ladies mendadak gugup. Jika kehilangan ide, lakukan improvisasi agar lebih tenang dan siap melanjutkan pembicaraan.

8. Memperbanyak Jam Terbang

Jam terbang atau pengalaman berbicara di depan umum harus diusahakan. Carilah peluang  untuk dapat berbicara di depan umum sebagai bentuk latihan. Makin sering berbicara di depan umum, makin berkurang rasa gugup. Paling tidak, Ladies membuat target berbicara di depan umum, minimal 50 kali dalam setahun. Semakin tinggi jam terbang, semakin membuat Ladies percaya diri dan tidak gugup lagi.

 

Ladies masih mengalami demam panggung? Cobalah praktikkan metode di atas. Pada dasarnya, tidak ada orang yang tidak bisa berbicara di depan umum. Kendalanya pada tiap individu. Keahlian ini  tidak dapat  diperoleh seketika. Ladies memerlukan proses yang panjang, konsisten, dan jangan menyerah. Selamat menjadi pembicara jagoan!

 

 

Related posts

Leave a Comment