7 Cara Mengusir Semut Tanpa Bahan Kimia

Hai, Smart Ladies!

Selain kecoa dan tikus, semut juga menjadi masalah pengganggu kenyamanan rumah. Semut adalah serangga yang  populasinya paling banyak di dunia. Menurut penelitian, setidaknya ada sekitar satu juta semut per satu manusia di muka bumi. Jadi, tidak heran jika di setiap rumah pasti ada semut.

Kita pun akan sangat terganggu dan jengkel jika semut sudah berkeliaran menyerang makanan dan gula. Umumnya, jenis semut ada dua, semut merah dan semut hitam. Semut merah menyukai jenis makanan seperti lauk, ikan atau lainnya sedangkan semut hitam akan menyerang sesuatu yang manis, seperti gula dan makanan atau minuman manis lainnya.

Semut akan semakin banyak jumlahnya saat musim hujan tiba. Mereka akan menyerang begitu ada makanan berceceran atau minuman yang tumpah.  Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu pemandangan sekaligus kenyamanan rumah. Lalu, bagaimana cara mengusirnya dari rumah? Inilah beberapa bahan alami yang dapat Ladies gunakan untuk mengusir semut.

1. Daun Sirih

Daun sirih sering digunakan sebagai campuran jamu untuk kewanitaan, tetapi ternyata tanaman ini dapat juga untuk mengusir semut dari rumah.

Remas beberapa lembar daun sirih hingga keluar aroma khasnya, letakkan di area semut sering berkeliaran. Bau daun sirih sangat dibenci para semut sehingga mereka akan menjauhi area tersebut.

daun sirih via pinterest

2. Bubuk Kopi

Pada umumnya, manusia menyukai kopi, tetapi tidak begitu dengan semut, apalagi kopi bubuk. Caranya cukup mudah, taburkan bubuk kopi pada area yang kita inginkan. Jika perlu, sebarkan bubuk kopi di sarangnya agar semut kabur selamanya.

bubuk kopi via pinterest

3. Garam

Jika ingin mengusir semut dengan bahan mudah dan murah, garam adalah jawabannya karena rasa asinnya tidak disukai semut. Bila tidak memiliki garam, bisa diganti dengan lada bubuk.

garam via pinterest

4. Mentimun

Umumnya, mentimun digunakan sebagai lalapan saat makan. Meskipun mentimun agak manis, tapi semut tidak menyukai rasanya. Cukup letakkan irisan mentimun di tempat yang sering didatangi semut atau sarangnya.

mentimun via pinterest

5. Air Jeruk Nipis

Selain air garam, air jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Siramkan air jeruk nipis ke kaki meja atau sarang semut. Aroma air jeruk yang pekat akan membuat semut-semut lari. Selain itu, aroma air jeruk nipis tidak menganggu indera penciuman kita.

jeruk nipis via pinterest

6. Baking Soda

Baking soda selain sebagai bahan pembuat kue, juga dapat menjadi racun yang mematikan bagi semut. Taburkan baking soda pada teras rumah atau tempat semut berkeliaran.

baking soda via pinterest

7. Cuka

Aroma cuka yang menyengat, bisa Ladies manfaatkan sebagai bahan pengusir semut. Semprotkan cuka di tempat yang sering disambangi semut, misalnya di kaki meja, teras rumah, atau tempat lainnya. Kelebihan menggunakan cuka adalah aromanya lebih tahan lama sehingga tidak perlu menyemprotkannya berkali-kali.

cuka via dsainrumahid.com

Setelah berhasil mengusir semut, langkah selanjutnya adalah membuat semut tidak kembali lagi. Beberapa hal sederhana yang dapat Ladies lakukan antara lain:

  • Segera bersihkan tumpahan makanan atau minuman
  • Jangan simpan makanan di tempat terbuka
  • Membersihkan tempat sampah, baik di dalam atau luar rumah
  • Periksa tanaman pot di dalam ruangan agar tidak ada serangga
  • Jika mempunyai hewan piaraan, periksa tempat makannya agar selalu bersih

Bagaimana Ladies,mudah bukanmengusir semut dari rumah? Semoga dengan  cara di atas, semutakan segera menghilang. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment