5 Tips Menghafal Cepat Materi Pelajaran Ini Membuat Buah Hati Tenang Hadapi Ujian

Dalam waktu dekat, semua jenjang pendidikan baik tingkat SD, SMP, maupun SMA, akan menghadapi ujian akhir. Sebagai orang tua, kita sering merasa khawatir akan kesiapan putra putri dalam menghadapinya. Banyaknya materi yang akan diujikan membuat kemampuan menghafal harus dipertajam.


Buah hati Smart Ladies juga akan menghadapi ujian akhir beberapa bulan mendatang? Beberapa tips menghafal cepat berikut semoga bisa memberikan solusi supaya belajar mereka lebih efektif.


1. Gunakan Metode Mencatat yang Mudah Dihafal


Ajari buah hati membuat catatan materi pelajaran menggunakan metode yang mudah untuk dihafalkan. Gunakan metode yang menarik dan enak dibaca, misalnya menggunakan metode mind mapping atau metode catatan bergambar. Cara ini efektif karena catatan yang menarik akan mudah direkam dan disimpan dalam memori otak.


2. Ciptakan Kata Kunci untuk Tiap Materi


Buatlah kata kunci yang simpel dan singkat untuk tiap materi pelajaran. Hal ini bisa menggunakan singkatan atau sinonim yang menarik. Contohnya, untuk menghafal urutan warna pelangi, gunakan singkatan mejikuhibiniu. Kata kunci ini lebih mudah dihafal dibandingkan bila harus mengingat warna dalam kata penuh.


3. Pakailah Pulpen Berwarna dalam Mencatat


Tulislah satu materi penting dalam pelajaran menggunakan pensil, spidol, atau pulpen dengan warna berbeda. Perbedaan warna ini mudah melekat di dalan memori otak sehingga mempermudah proses menghafal. Selain itu, warna yang cerah akan menambah semangat belajar.


4. Hindari Sistem Kebut Semalam


Lebih baik belajar sedikit demi sedikit tetapi konsisten daripada sekaligus dalam waktu singkat. Cicil membaca materi pelajaran beberapa waktu sebelum ujian diadakan. Baca dengan seksama dan pahami lebih mendalam. Hal ini lebih efektif dari sistem belajar kebut semalam.


5. Ajari Orang Lain


Smart Ladies pernah merasa lebih mengerti sebuah materi pelajaran saat mengajarkan ulang kepada orang lain? Ini karena otak diajak mencerna lagi informasi pelajaran yang sudah didapat. Metode ini juga bisa membuat buah hati menghafal lebih mudah dari pada hanya membaca saja.


Ujian memang bukan satu-satunya penentu keberhasilan. Namun, menghadapi ujian akhir sekolah juga wajib dipersiapkan. Dampingi dan semangati buah hati agar siap secara mental menghadapi ujian. Tak lupa sertai dengan doa, ya, Smart Ladies. Apa pun hasil akhirnya, setidaknya kita merasa tenang karena sudah melakukan yang terbaik.

Related posts

Leave a Comment