5 Bahan Alami yang Digunakan agar Uban Tidak Tumbuh pada Usia Muda

Hai, Smart Ladies!


Pernahkah Ladies memperhatikan rambut saat berkaca? Jika ada uban tumbuh di antara rambut yang hitam, bagaimana perasaan, Ladies? Saat ini, menemukan uban ketika usia muda sangatlah lumrah. Banyak faktor pemicu tumbuhnya uban saat usia masih muda di antaranya, makanan rendah gizi, stres, polusi, penyakit kronis, gaya hidup, dan rokok. Berikut lima bahan alami yang dapat mencegah pertumbuhannya uban, yaitu:


1. Bunga Sepatu


Bunga sepatu dapat digunakan sebagai bahan alami mencegah tumbuh uban. Ambil beberapa helai mahkota bunga sepatu haluskan. Campur dengan minyak kelapa murni yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Gunakan pada malam hari, dengan mengoleskan secara merata dari akar rambut hingga ujung rambut. Esok harinya, bilas rambut hingga bersih. Gunakan secara teratur.


2. Biji Pepaya


Setelah mengonsumsi pepaya, jangan buang bijinya. Ternyata, biji pepaya dapat menghilangkan uban. Cuci biji pepaya kemudian sangrai. Haluskan dengan cara menumbuknya. Campur biji pepaya yang telah halus dengan minyak kelapa secukupnya. Aplikasikan campuran ini dengan cara mengoleskan ke seluruh rambut, kemudian bungkus kepala dengan handuk selama dua jam. Setelah itu bilas hingga bersih. Gunakanlah secara teratur.


3. Bawang Putih


Kandungan catalyze pada bawang putih mampu merangsang melamin pada rambut. Melanin adalah zat yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata manusia.
Menggosokkan bawang putih pada kulit kepala sebelum keramas akan membantu mengatasi uban Ladies. Lakukan secara teratur, ya.


4. Kopi


Rebus bubuk kopi dengan air hingga mendidih. Setelah, dingin saring ampas kopi tersebut. Oleskan pada rambut hingga menjadi basah. Diamkan rambut selama satu jam atau hingga kering, lalu bilas rambut air bersih.


5. Teh Basi


Teh basi adalah teh yang telah diinapkan selama semalam. Dengan kata lain, teh basi adalah teh yang telah berfermentasi secara alami sehingga semua kandungannya bercampur dengan air. Kandungan yang terdapat dalam teh tersebut adalah polifenol dan beberapa zat lain yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah tumbuh uban.
Gunakan air teh basi tersebut pada rambut, tutup dengan shower cap selama satu jam, kemudian bilas rambut hingga bersih.


Ladies, demikian beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah tumbuhnya uban. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Sumber gambar: k-link.co.id

Related posts

Leave a Comment