5 Makanan Ini, Tak Hanya Lezat Tapi Juga Bikin Kulit Jadi Sehat!

Kulit sehat dan cantik tak hanya dirawat dari luar saja, Smart Ladies. Perlu asupan nutrisi yang tepat juga dari makanan. Apa yang kita konsumsi akan berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan kulit. Makanan yang tepat akan menutrisi kulit sehingga menjadi sehat.

Makanan apa saja yang bisa memberikan nutrisi tepat bagi kecantikan kulit? Berikut daftarnya.


1. Flax Seed

Flax seed merupakan biji rami. Biji-bijian ini kaya omega 3 yang mampu mencegah penuaan dini. Lemak sehat ini berguna melindungi kulit dari bahaya sinar UV dari matahari. Cukup taburkan flax seed di atas salad buah favorit Ladies dan konsumsi secara rutin.


2. Dark Chocolate


Mengonsumsi dark cocholate mampu memperbaiki tekstur dan warna kulit menjadi lebih rata. Zat polifeniol dan flavonoid di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, coklat hitam merupakan pelindung kulit dari paparan sinar UV. Mengonsumsi secara teratur campuran coklat hitam dan susu rendah lemak akan membuat kulit terhindar dari belang.


3. Kiwi


Buah berwarna hijau ini kaya akan vitamin C, bermanfaat dalam membantu tubuh memproduksi kolagen. Manfaatnya, elastisitas kulit terjaga. Sifatnya yang antiinflamasi akan mengurangi jerawat yang muncul. Buah kiwi juga mengandung banyak omega 3 sehingga bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas.


4. Pak Coi atau Bok Choi


Sawi hijau mengandung banyak vitamin C, antioksidan alami, dan vitamin B kompleks. Sayuran ini mampu menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Hal ini sangat bagus untuk menjaga kelembapan alami kulit sehingga terhindar dari kekeringan.


5. Salmon


Secara alami, kulit memproduksi minyak untuk melindunginya dari paparan zat berbahaya. Nutrisi dalam ikan salmon akan membantu tubuh lebih maksimal menghasilkan minyak alami ini. Lemak omega 3 pada salmon bisa meredakan peradangan yang menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin pada kulit.

Sementara itu, kandungan vitamin D dari ikan salmon juga melindungi kulit dari radiasi sinar UV dan radikal bebas yang merusak sehingga menghilangkan kesan kusam. Walau agak mahal, tak ada salahnya mengonsumsi ikan salmon sesekali untuk kesehatan kulit.

Dengan menjaga pola dan menu makanan, tak hanya tubuh yang sehat, kulit juga terawat. Tak ada ruginya kembali pada pola makan dan hidup sehat karena paparan zat racun di udara semakin masiv. Mulai menjaga asupan makan yuk, Smart Ladies.

 

Sumber gambar: kaltim.tribunnews.com

Related posts

Leave a Comment