5 Trik Belanja Keperluan Dapur agar Tidak Boros

Hai, Smart Ladies!


Belanja keperluan dapur adalah tugas Ladies di rumah tangga. Harga-harga yang selalu naik, membuat pusing tujuh keliling. Kalap saat belanja juga sering menghampiri saat belanja. Membeli barang yang tidak penting atau membeli barang yang sudah merupakan suatu pemborosan. Akhirnya, tidak ada uang yang tersisa.


Ladies, bagaimana ya menghadapi kondisi ini? Diperlukan trik dalam berbelanja keperluan dapur agar tidak terjadi pemborosan. Mau tahu caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini:


1. Mempersiapkan Daftar Belanja


Sebelum berangkat ke pasar atau swalayan, periksa lemari dapur dan kulkas, kemudian buatlah buat daftar belanjaan. Ini salah satu cara agar tidak terulang membeli barang yang sama. Jadi, tidak boros, deh.


2. Membeli Bahan Lokal dan Sedang Musim


Buah atau sayuran lokal tak kalah dengan produk dari luar, lo. Harganya juga lebih murah, apalagi jika sedang panen. Namum pastikan kualitasnya baik, ya.


3. Tidak Fanatik pada Merek Tertentu


Kadang, ada bahan makanan dijual dengan harga mahal karena mereknya telah terkenal. Namun, jika ada bahan makanan dengan harga lebih murah tetapi mutu, kualitas, dan rasanya sama, mengapa tidak menjadi pilihan? Ini adalah salah satu cara untuk menghemat.


4. Belanja dalam Jumlah Besar


Bahan makanan yang tahan lama dan sering digunakan dapat dibeli dalam jumlah besar, misalnya beras, minyak goreng, gula pasir, dan lain-lain. Hal ini sekaligus mengantisipasi bila terjadi kelangkaan, dan harganya akan naik dua kali lipat. Jika membeli dalam jumlah banyak, Ladies dapat langsung ketempat grosiran sehingga bisa mendapatkan potongan harga.


5. Rencanakan Sebelum Belanja


Ini dia yang terpenting, jika tidak ada rencana jajan makanan pada saat belanja, usahakan makan yang kenyang dari rumah. Dengan perut kenyang, Ladies terhindari dari godaan jajan dan pengeluaran tak terduga.


Ladies, belanja kebutuhan dapur termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, dan terkait dengan pengeluaran rumah tangga. Maka sesuaikan pengeluaran untuk kebutuhan dapur ini dengan penghasilan, agar tidak terjadi pemborosan, Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment