Mengenal Doula, Profesi Pendamping Ibu Hamil hingga Melahirkan

Hai, Smart Ladies!

Di Indonesia, istilah doula baru populer beberapa tahun belakang ini. Doula adalah seorang  profesional yang membantu dan mendampingi ibu hamil hingga melahirkan.

Doula berasal dari bahasa Yunani yang artinya pelayan perempuan. Kini, istilah ini dipakai untuk sebuah profesi pendamping ibu yang ingin menjalani persalinan dengan  lebih cepat dan pemulihan kondisi fisik serta mental setelah melahirkan.

Banyak ibu hamil, terutama yang baru pertama kali, belum cukup memiliki pengetahuan tentang kehamilan. Salah satu penyebabnya adalah pertemuan dengan dokter atau bidan yang menangani kehamilannya kurang begitu intens. Maka, kehadiran doula sangat penting karena bisa mengedukasi ibu hamil agar fisik dan mentalnya siap.

Agar proses kehamilan dan persalinan berjalan lancar, tenang ,dan nyaman, doula akan memberikan bimbingan dan informasi seputar kehamilan yang sehat dan pilihan persalinan.
Namun, doula tidak boleh mengarahkan ibu hamil untuk mengambil metode persalinan tertentu. Semua pilihan diserahkan kepada ibu.


Jika ibu hamil berniat didampingi doula, sebaiknya mulai menghubunginya jauh hari sebelumnya, kurang lebih pada masa kehamilan tri semester atau 32 minggu. Dengan demikian, akan terjadi persahabatan dan koneksi batin yang kuat hingga saat persalinan terjadi.

Doula berbeda dengan dokter atau bidan. Mereka tidak diperkenankan melakukan tindakan medis seperti mengukur tekanan darah atau pemeriksaan vagina. Mereka hanya bertindak sebagai pendamping dan pembimbing ibu dalam menjalani proses kehamilan hingga persalinan, juga mempersiapkan mental ibu baru.

Ada dua jenis doula yang dikenal saat ini. Pertama, birth doula yang bertugas menjadi pendamping ibu hamil serta mempersiapkan proses persalinan hingga membantu kelahiran bayi. Kedua, postpartum doula yang tugasnya membantu ibu baru agar dapat menyesuaikan diri dan bertanggung jawab sebagai orang tua.

Untuk menjadi doula, seseorang harus menjalani pelatihan yang diadakan oleh DONA (organisasi doula internasional dan tertua) atau lembaga lain seperti Amani Birth ( lembaga doula muslim). Para doula yang terlatih ini akan mendapat sertifikat setelah selesai mengikuti pelatihan.


Beberapa penelitian luar negeri menyebutkan, kehadiran daula dalam proses persalinan terbukti mengurangi komplikasi kelahiran dan mempercepat lahirnya bayi tanpa rasa sakit yang berlebihan.

Bagaimana, Ladies, tertarik menggunakan jasa duola?

Sumber gambar: dona.org

Related posts

Leave a Comment