Konsumsi Es Selama Haid Dapat Menyebabkan Kanker, Mitos atau Fakta?

Hai, Ladies!

Banyak sekali beredar informasi tentang larangan mengonsumsi es selama haid yang dihubungkan dengan timbulnya suatu penyakit. Kabarnya, darah haid akan menjadi beku dan sulit dikeluarkan jika mengonsumsi makanan atau minuman dingin.

Darah beku tersebut dianggap akan mengendap di dalam rahim sehingga menyebabkan kista atau miom. Hal ini menurut Ladies, mitos atau fakta? 

Tahukah, Ladies, bahwa berita yang beredar adalah mitos. Mengonsumsi minuman dingin saat haid tidak akan menimbulkan penyakit miom atau kista. Belum ada penelitian yang membenarkan hal tersebut. 

Jalur masuknya makanan dan minuman adalah melalui mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, lalu ke bagian pembuangan. Sedangkan saluran haid adalah pada organ reproduksi. Sungguh hal yang berbeda, bukan, Ladies?

Dikarenakan jalurnya berbeda, sungguh mustahil jika minuman dingin yang dikonsumsi akan membekukan darah haid.

Fakta sebenarnya adalah minuman dingin akan berbahaya jika Ladies sedang mengalami peradangan, seperti flu, sakit tenggorokan, demam. Apalagi, saat haid biasanya tubuh berada dalam kondisi yang tidak prima maka minuman dingin tersebut akan memperparah keadaan. Minuman dingin yang melewati area peradangan akan memperparah kondisi tersebut.

Saat haid sebaiknya Ladies mengonsumsi makanan atau minuman hangat. Selain rasa nyaman, minuman hangat tidak akan memperburuk peradangan, justru akan membantu detoksifikasi tubuh keluar melalui keringat.

Lalu, sebaiknya minuman apa yang seharusnya dihindari saat haid? berikut diantaranya.

1. Kafein

Kafein biasanya terdapat dalam teh atau kopi. Kafein inilah yang bisa memengaruhi hormon yang ada di dalam tubuh. Sedangkan hormon esterogen dan progesteron dibutuhkan saat haid. Jika siklus haid Ladies tidak normal, sebaiknya hindari kafein,

2. Susu

Produk berbahan dasar susu akan menyebabkan produksi hormon prostaglanding bertambah banyak. Hormon inilah yang akan membuat rahim akan terus berkontraksi sehingga menyebabkan rasa nyeri pada perut bagian bawah, nyeri punggung, dan sebagainya. Contoh produk berbahan dasar susu, yaitu yoghurt, keju, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat, ya, Ladies!

Related posts

Leave a Comment