Ingin Tidur Berkualitas? Cobalah 5 Resep Rahasia Ini

Smart Ladies, rutinitas yang kita lakukan seharian dapat membuat badan lelah. Tidur adalah salah satu cara mengembalikan tubuh pada kondisi prima. Namun, terkadang tidur belum cukup membuat rasa lelah hilang.

Tahukah Ladies bahwa tidur dibagi dalam tiga tahapan? light sleep, deep sleep, dan rem sleep. Light sleep adalah tahapan kita baru saja tertidur dan deep sleep adalah tahapan kita tidur nyenyak atau pulas, sedangkan, rem sleep adalah tahapan dimana kita tidur tapi bermimpi.

Kebanyakan orang mengalami rem sleep ini. Akibatnya, badan akan terasa lelah atau berat meskipun. sudah tidur selama delapan jam. Tidur yang paling bagus kualitasnya terjadi dalam periode deep sleep. Ladies akan terbangun dengan kondisi lebih segar setelah menjalani deep sleep.

Kabar baiknya adalah deep sleep ini bisa diusahakan atau dirancang dengan lima langkah berikut ini:

1. Membersihkan Diri Sebelum Tidur

Sebelum tidur, pastikan badan dan baju yang kita pakai dalam keadaan bersih. Deep sleep mungkin terhambat ketika badan terasa gatal atau terasa ingin buang air.

Ritual buang air kecil, menggosok gigi, dan berwudu dapat membantu kita untuk mendapatkan deep sleep. Selelah apapun, pastikan Ladies berangkat tidur dalam keadaan bersih.

2. Membersihkan Tempat Tidur

Bukan hanya kondisi piranti tidurnya saja yang harus bersih, tetapi juga perlu menyingkirkan benda-benda yang tidak dibutuhkan ketika tidur.
Pastikan tempat tidur bebas dari buku-buku, mainan, gawai, apalagi makanan.

3. Bermunajat

Sebelum tidur, hendaknya berdoa terlebih dahulu mengharapkan keridaan, ampunan, hidayah, serta menyerahkan hidup dan mati kita hanya pada Sang Khalik. Setelah bermunajat, perasaan akan lebih relaks dan siap masuk deep sleep.

4. Minum Segelas Air Putih Hangat

Minum segelas air putih hangat juga akan membuat badan lebih santai. Sebaliknya, jangan minum air dingin atau es, karena bisa membuat perut tidak nyaman.

5. Fokus untuk Tidur

Setelah empat langkah di atas Ladies lakukan, kini saatnya memejamkan mata dan fokus untuk tidur. Jika masih memikirkan hal lain, seperti pekerjaan dan jadwal esok hari, bisa-bisa, light sleep pun tidak segera kita dapat, apalagi deep sleep.

Nah, Smart Ladies, beristirahat adalah hak tubuh yang harus dipenuhi setelah seharian bekerja. Badan pun perlu menyiapkan diri untuk kembali beraktivitas pada hari berikutnya. Selamat mencoba, dan rasakan hasilnya.

Sitatur Rohmah

Sitatur Rohmah

Ibu rumah tangga 4 putra putri yang mulai beranjak remaja. Menulis adalah hobi sekaligus ajang edukasi bagi putra putrinya untuk mencintai dunia literasi.
Sitatur Rohmah

Related posts

Leave a Comment