Mengenal Enema Kopi, Cara Unik untuk Sehat

Hai, Smart Ladies

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah enema kopi. Namun, masih banyak yang belum mengerti dan paham akan alternatif cara sehat yang unik ini.

Enema adalah prosedur memasukkan cairan ke dalam usus besar (kolon).
Sedangkan kopi adalah larutan yang dihasilkan dari bubuk biji kopi yang
diseduh. Maka, enema kopi bisa disimpulkan sebagai prosedur memasukkan cairan kopi ke dalam usus besar (kolon).

Aneh? Seram? Tenang … penjelasan tentang enema kopi berikut akan membuat Smart Ladies penasaran untuk tidak mencobanya. Enema sejatinya bertujuan untuk mengosongkan usus. Di dunia medis, enema dilakukan pada pasien sebagai persiapan operasi. Bahkan terkadang dilakukan bagi pasien yang mengalami sembelit akut. Enema yang biasa dilakukan, menggunakan air hangat biasa.

1. Enema Kopi

Enema kopi pun memiliki maksud untuk mengosongkan isi kolon, pembersihan kolon dianggap penting karena racun-racun (oksidan) pada usus besar dianggap dapat menimbulkan penyakit di kemudian hari. Terlebih bentuk anatomi usus yang berlekuk-lekuk ditengarai sering meninggalkan sisa kotoran bahkan racun yang mampu mengganggu metabolisme tubuh. Namun pada sebagian orang, pembersihan kolon tidak dianggap penting karena beranggapan tubuh mampu membersihkan dirinya sendiri.

Dr. Meyer dan Dr. Hubner dari departemen kedokteran Universitas Gottingen, Jerman, mendapati bahwa kafein dalam kopi mampu melancarkan fungsi empedu untuk membantu fungsi hati menetralisir racun-racun dalam tubuh. Mereka tidak mendapati kemampuan kafein yang luar biasa itu dalam kopi jika diminum.

Cairan kopi yang masuk ke dalam kolon tidak dicerna tubuh, beda saat kopi diminum, akan melewati lambung untuk terlebih dahulu dicerna. Jadi, prinsip dasar enema kopi adalah memanfaatkan kafein dalam kopi untuk membantu memperbaiki fungsi hati, menetralisir racun yang mengendap dalam tubuh. Hati (liver) yang sehat akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mampu membuat kondisi tubuh menjadi prima, dan keluhan berbagai penyakit hilang sedikit demi sedikit.

Sekitar 70 tahun yang lalu Dr. Max Gerson mulai mengembangkan cara alternatif ini untuk mengobati penyakit. Awalnya ditemukan bahwa enema kopi dapat menghilangkan migrain pada pasien. Namun, belakangan ini konsep enema kopi dapat membantu pasien dengan penyakit berat seperti kanker.

2. Lakukan Enema Kopi di Rumah

Enema kopi dapat dilakukan sendiri di rumah dengan memperhatikan prosedur dan beberapa hal penting lainnya. Seperti kopi yang digunakan hanyalah kopi organik. Air yang digunakan untuk merebus kopi tidak boleh air ledeng atau tanah. Air dengan hasil penyulingan yang baik aman untuk digunakan. Cairan kopi yang telah disiapkan dan bersuhu hangat sekitar 40 derajat celcius dimasukkan ke dalam kolon melalui alat enema khusus yang mudah sekali didapatan di toko alat kesehatan. Setelah didiamkan beberapa menit di dalam kolon, cairan kopi dapat dikeluarkan seperti buang air besar.


Hal yang harus diperhatikan juga adalah pola hidup sehat. Jangan jadikan
enema kopi sebagai penebus dosa gaya hidup yang sembarangan. Makan makanan yang sehat, buah, sayur dan yang paling penting adalah asupan cairan (air putih) ke dalam tubuh sebagai pembilas racun di dalam tubuh.

Penasaran dengan enema kopi? Ada baiknya mencoba dan rasakan sendiri manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh.

 

 





 





 

 

 

 



 

 



 





 

 

 

Related posts

Leave a Comment