Lakukan 3 Kebiasaan Unik Ini Agar Daya Kerja Otak Meningkat

Otak termasuk salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Smart Ladies, ibarat sebuah komputer, otak adalah prosesor pengendali utama. Terdapat miliaran sel neuron di dalam otak yang saling terhubung satu sama lain. Inilah yang membuat perintah pada seluruh anggota tubuh. Bila daya kerja otak mengalami penurunan fungsi, maka seluruh pergerakan anggota tubuh akan terganggu.


Banyak hal yang bisa menyebabkan daya kerja otak mengalami penurunan. Kurang istirahat, kebiasaan hidup tidak sehat seperti merokok, dan tak pernah diberi nutrisi adalah beberapa penyebab penurunan fungsi otak. Untuk mengatasi hal tersebut, ada tiga cara unik yang bisa dilakukan agar daya kerja otak kembali meningkat.


1. Taruh Barang Dalam Keadaan Terbalik


Menaruh barang dalam posisi terbalik akan membuat otak kanan bekerja ekstra untuk menerka dan mengenalinya. Ini akan membuat otak kanan terstimulasi sehingga membuat daya kerja otak meningkat. Baliklah letak foto atau kalender di rumah untuk mengoptimalkan kerja otak Smart Ladies.


2. Tutup Mata Saat Mandi


Mandi dengan mata tertutup akan membuat indera peraba bekerja. Saat perbedaan tekstur dari permukaan kulit teraba, stimulasi ini akan dikirim dan diproses oleh otak sebagai informasi baru. Otak akan bekerja untuk mengenalinya sebagai hal baru dan membuatnya bekerja lebih optimal.


3. Menyikat Gigi dengan Tangan Berlawanan


Biasa menyikat gigi dengan tangan kanan? Mulai sekarang, lakukan dengan tangan kiri. Cara ini bisa digunakan untuk menstimulus bagian korteks yang mengendalikan dan memproses informasi dari sentuhan tangan.


Smart Ladies, sama seperti organ lainnya, otak juga mempunyai masa penurunan daya kerja. Hal ini wajar terjadi seiring pertambahan usia. Namun, bila hal ini dialami di saat usia masih produktif sangat berbahaya bagi kinerja kita. Otak akan bekerja maksimal bila semua bagiannya ikut memproses stimulus yang dikirim.


Hal tersebut bisa dicapai dengan cara melakukan kegiatan aktif mencari dan mempelajari hal baru secara tiga dimensi di dunia nyata. Agar potensi otak meningkat, tidak ada salahnya mencoba melakukan kegiatan sehari-hari dengan cara yang sedikit berbeda. Mengubah rutinitas secara berkala juga mampu memberi kesempatan pada otak untuk mengenali hal baru.

Related posts

Leave a Comment