Cara Mudah Menghilangkan Jamur pada Lemari

Tahukah Ladies? Ternyata, jamur dapat tumbuh pada lemari berbahan kayu akibat kondisinya yang lembap dan kotor. Ladies perlu tahu, jamur dalam lemari dapat mencemari barang yang tersimpan di dalamnya.

Namun, Ladies tidak perlu  khawatir karena ada tujuh cara praktis membasmi jamur serta mencegah pertumbuhannya. Yuk, kita simak ulasannya!

1. Kamper

Ladies hanya perlu meletakkan kamper di dalam lemari yang telah dibersihkan. Selain berfungsi sebagai pengharum lemari, kamper juga mencegah pertumbuhan jamur pada serat-serat kayu. Usahakan menggunakan yang dalam kemasan, agar tidak bersentuhan langsung dengan barang-barang yang ada dalam lemari. Selain murah, kamper juga mudah diperoleh di mana saja.


2. Menggunakan Alkohol

Alkohol dapat membasmi dan mencegah jamur dalam lemari Ambil kapas dan basahi dengan alkohol yang berkadar 70-80%. Oleskan kapas ke bagian lemari, baik yang berjamur atau tidak,jamur akan langsung mati ketika bersentuhan dengan alkohol.


3. Memberi Alas Lemari pada Permukaan Lemari

Lapisi bagian dalam lemari menggunakan koran atau plastik bening. Alas ini akan mencegah kayu lemari bersentuhan langsung dengan barang yang tersimpan di dalamya karena rentan ditumbuhi jamur. Gantilah alas sebulan sekali agar terhindar dari jamur.


4. Memasang Lampu Neon

Salah satu penyebab lemari berjamur adalah kurangnya pencahayaan ruangan tempat lemari di letakkan.Jadi, pasang lampu neon di ruangan tempat Ladies meletakkan lemari. Lampu neon akan memberikan pencahayaan yang dapar mengusir jamur yang tumbuh di serat kayu. Sekarang, sudah tersedia produk lemari yang dilengkapi lampu. Saat dibuka, lampu akan menyala otomatis.


5. Menggunakan Air dan Cuka

Salah satu cara membasmi jamur di lemari adalah dengan cuka. Namun, kandungan asam cuka dapat merusak permukaan serta memudarkan warna lemari. Untuk mengurangi kadar asamnya, Ladies dapat menambahkan air. Usapkan larutan cuka pada lemari yang berjamur. Lalu  keringkan menggunakan lap bersih.


6. Menggunakan Jeruk Nipis dan Garam

Bahan alami yang dapat digunakan membasmi jamur adalah jeruk nipis dan garam dapur. Campurkan perasan jeruk nipis dengan garam, lalu gosokkan pada jamur menggunakan sikat gigi bekas.


7. Menjaga Kebersihan

Selain masalah kelembapan dan kurangnya pencahayaan, penyebab tumbuhnya jamur adalah kurangnya kebersihan. Lemari yang jarang dibersihkan akan berpotensi ditumbuhi jamur. Jadi, bersihkan lemari secara berkala, minimal sebulan sekali. Ladies dapat menngunakan kain kering untuk membersihkan lemari. Jika memakai lap basah, tunggulah hingga benar-benar kering sebelum menutup pintunya agar tidak lembap.

Ladies bisa mencoba cara-cara di atas agar memiliki lemari yang bersih dan terbebas dari jamur. Selain itu, carilah pengharum berkualitas bagus agar barang-barang dalam lemari tak berbau apek. Selamat mencoba.

Sumber gambar: satriabajahitam.com

Related posts

Leave a Comment