4 Akibat Jika Suka Menahan Buang Angin

Hai, Smart Ladies!


Aduh, malu, ya, kalau kentut di depan umum. Rasa sakit perut akibat salah makan atau masuk angin sering membuat ingin kentut. Konon, jika sedang masuk angin, ingin anginnya keluar. Bagaimana kalau Ladies ingin kentut di tengah keramaian? Pasti malu dan terpaksa menahan. Menurut dr. Rasthie Rachmanta Putri dari Klik Dokter, buang angin atau kentut dikatakan normal bila tidak lebih dari 10 kali dalam sehari. Bila lebih dari itu, kemungkinan Ladies sedang mengalami gangguan kesehatan, di antaranya gangguan pada saluran empedu. Selain kentut juga dapat disebabkan mengonsumsi makanan tertentu, menelan banyak udara, dan lain-lain.


Perlu Smart Ladies ketahui bahwa menahan kentut ternyata sangat berbahaya. Suka menahan kentut? Mari simak penjelasan di bawah ini akibat dari sering menahan kentut:

1. Keracunan Gas

Salah satu unsur dari kentut adalah gas metana. Unsur ini jika tidak di keluarkan akan terus bertambah dan dapat menjadi racun. Oleh sebab itu, menahan kentut selalu dihubungkan dengan bahaya keracunan.


2. Wasir


Pada saat Smart Ladies menahan kentut, pembuluh darah pada anus akan melebar dan ototnya pun akan menegang. Kalau keadaan ini sering terjadi, akan menimbulkan gejala wasir. Akibat dari terlalu sering menahan kentut, dapat mengakibatkan pendarahan pada saat buang air besar, gatal pada daerah anus, nyeri pada saat duduk, dan berisiko mengalami anemia apabila keluhan tidak di atasi.


3. Infeksi Divertikulosis


Menahan kentut dapat mengakibatkan tekanan pada usus tertentu. Tekanan ini dapat menimbulkan kantung pada usus yang disebut divertikula. Infeksi kuman yang terjadi pada divertikula ini yang disebut dengan infeksi divertikulosis. Divertikulosis sering terjadi tanpa gejala yang spesifik. Namun, pada sebagian pasien, kondisi ini dapat menyebabkan perut kembung, kram, demam, menggigil, diare serta sembelit, mual maupun muntah.


4. Peritonitis


Penyakit ini disebabkan karena peradangan pada jaringan yang melapisi dinding bagian dalam perut (peritoneum).
Peritonitis adalah komplikasi yang terjadi akibat infeksi dari divertikulosis kronis.


Smart Ladies, sudah tahu, kan dampak yang ditimbulkan akibat menahan kentut. Maka, sebaiknya jika ingin kentut menyingkirlah ke tempat yang leluasa agar tidak ada rasa malu. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Related posts

Leave a Comment