Penting! Tanamkan 5 Karakter Ini agar Buah Hati Siap Hadapi Tantangan di Masa Depan

Smart Ladies, tantangan di masa depan akan semakin sulit. Itulah alasannya, penting mulai mendidik karakter si kecil agar mampu menghadapinya. Program pemerintah melalui kurikulum di sekolah pun, lebih menitikberatkan pada pendidikan karakter.


Tak selamanya kita bisa mendampingi buah hati dalam kehidupan. Akan ada masa ketika anak harus berdiri dan berjuang sendiri. Itulah sebabnya, sejak dini kita perlu menanamkan karakter yang akan mendukung kemampuan mereka menghadapi tantangan.


Ada lima karakter yang wajib diajarkan dan ditanamkan kepada buah hati agar mereka siap berdiri sendiri dan tak tertinggal kemajuan zaman.


1. Mandiri

 


Tanamkan pada anak agar selalu mengandalkan diri sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Ajarkan pada mereka untuk bisa mengurus diri sendiri. Sebagai contoh, ajarkan makan dan ke toilet sendiri. Smart Ladies cukup berikan contoh dan gambaran cara melakukannya, kemudian biarkan anak melakukan dengan caranya sendiri.


2. Berani


Berani adalah rasa percaya diri tinggi, tidak kenal takut, dan siap mengambil resiko dalam menghadapi kesulitan. Hindari selalu melarang buah hati saat mereka mencoba hal baru. Sikap ini akan menumbuhkan keberanian dalam diri mereka. Tugas kita mengawasi mereka, bila ada kesulitan berikan bantuan seminim mungkin, ya.


3. Kegigihan

Sumber pixabay


Hindari gampang memberikan bantuan kepada anak. Ajarkan agar mereka mau berusaha memecahkan masalah sendiri. Tanamkan supaya buah hati teguh pendirian dan mau berusaha sampai tuntas. Generasi milenial dihadapkan pada banyak kemudahan, dampaknya mereka menginginkan semuanya serba instan. Itulah sebabnya, karakter gigih wajib diajarkan pada buah hati.


4. Kreatif


Ajari si kecil agar mampu bertindak cepat dan efektif saat menghadapi kesulitan. Asah pola pikir mereka sehingga bisa mengenali situasi serta pandai mencari solusi. Ketika buah hati kebingungan menghadapi sesuatu, berikan beberapa alternatif solusinya, bukan jawaban. Misalnya, saat anak kesulitan memanjat, hindari menggendong tapi berikan arahan untuk berpijak agar dia bisa mencapai puncak.


5. Mudah Beradaptasi

Sumber Pixabay


Sifat alami manusia pada dasarnya mudah menyesuaikan diri pada lingkungan. Namun, pada beberapa orang butuh waktu dan usaha ekstra. Sejak awal, anak harus dikenalkan pada lingkungan dan orang-orang baru. Hal ini bertujuan agar mereka terbiasa menghadapi bermacam-macam situasi dan sifat orang lain. Dampaknya anak menerima perubahan dan perbedaan dengan baik.


Didik anak agar mampu hidup tanpa kita, Smart Ladies. Rasa sayang yang besar jangan dijadikan halangan dan alasan untuk selalu memanjakan dan menuruti kemauan anak. Memberi banyak kemudahan malah akan membuat anak tidak terbiasa menghadapi kesulitan dan masalah sehingga menjadikannya pribadi yang lemah.

Related posts

Leave a Comment