7 Langkah Pola Hidup Menuju Impian Kebahagiaan

Hai, Smart Ladies!

Tentunya menjalani hidup bahagia di dunia selalu menjadi impian tiap orang. Kita ingin menjalani hidup dengan tenteram, senang, dan selaras dengan alam. Sebenarnya, mudah untuk mencapai kebahagiaan, tetapi orang sering menempuh cara yang kurang tepat. Padahal, kita bisa menempuh beberapa cara untuk meraih kebahagiaan. Cara tersebut adalah:

1. Pola Makan  

Makanan sehat yang bergizi seimbang dan bebas zat berbahaya sangat penting untuk kesehatan tubuh. Makanlah dengan porsi cukup 80 persen kira-kira dan berhentilah sebelum kenyang. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh, gula, dan garam. Pastikan cukup buah dan sayur dalam menu setiap hari. Batasi mengonsumsi makanan yang dibakar atau digoreng dengan suhu tinggi. Makanlah dengan porsi kecil 5-6 kali sehari, dan jangan lupa sarapan. Tak lupa untuk memperbanyak minum banyak air putih.

2. Pola Pikir

Mengembangkan pikiran positif akan membantu Ladies menghindari hal yang negatif atau tidak penting.Yang tak kalah penting adalah memberdayakan pikiran untuk aktif dengan cara terus belajar. Ladies bisa belajar apa pun yang menjadi minat dan disukai, misalnya menulis ,menjahit, memasak, mendesain grafis, atau keterampilan lainnya. Intinya, kita memerlukan kegiatan untuk mengasah pikiran sehingga berkembang karena mendapat ilmu.

3. Pola Hati

Perbanyaklah bersyukur atas anugerah Allah, terutama atas hidup yang telah digariskan-Nya karena masing-masing telah diberikan takaran yg sesuai.Selain itu, miliki hati yang rendah, tidak sombong, dan suka berbagi. Menjaga hati tetap gembira karena hati yang gembira adalah obat, sedangkan semangat yang patah mengeringkan tulang. Memiliki kehidupan spritual yang baik juga akan membantu kita selalu dapat menikmati apa yang ada.

4. Pola Tidur

Salah satu cara untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah dengan menjauhkan diri dari gangguan tidur, misalnya minum teh atau kopi. Dengan tidur cukup, kita akan dapat bangun pagi dengan segar. Kondisi tidak bisa tidur (imsonia) memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

5. Olah Tubuh

Tubuh memerlukan gerakan agar peredaran darah dan metabolisme berjalan lancar. Caranya, lakukan aktivitas fisik atau berolah raga pada waktu tertentu, misal satu minggu 2-3 kali. Melakukan pekerjaan tidak dapat dianggap sebagai olahraga. Selain itu, untuk menjaga agar postur tubuh tetap baik, perhatikan posisi tubuh saat duduk, berdiri, dan berjongkok. Posisi yang salah dapat memengaruhi kesehatan.

6. Bekerja

Sebagai manusia kita bekerja penting untuk memperoleh penghasilan sebagai aktualisasi diri.
Dengan bekerja kita akan merasa dihargai karena prestasi yang dicapai, hal ini membuat bahagia.

7. Bersosialisasi

Sosialisasi penting untuk mengembangkan potensi kemanusiaan sehingga kita menjadi pribadi yang mampu bergaul di masyarakat. Berhubungan dan berinteraksi dengan masyarakat, misalnya bergabung dalam komunitas tertentu akan membuat kita mendapatkan pengalaman sosial. Pengalaman ini sangat diperlukan bagi kehidupan pribadi.

8. Berekreasi

Rekreasi tidak kalah penting bagi kehidupan pribadi dan keluarga. Bepergian akan menyegarkan pikiran kita. Kita bisa menikmati perjalanan dengan senang sekaligus dapat lebih mengakrabkan diri dengan anggota keluarga yang lain.

Kebahagiaan dapat diperoleh dari dalam kehidupan kita sendiri, bukan berasal dari luar. Jika Ladies terampil mengolah hidup ini sebenarnya, kebahagiaan itu sederhana. Bagi yang ingin bahagia yuk, praktikkan langkah-langkah di atas. Selamat berbahagia!

 

.






 

 

Related posts

Leave a Comment