Ini Dia 5 Tema Penting untuk Mendidik Anak Melalui Cerita

Bercerita atau mendongeng diyakini banyak manfaatnya untuk anak-anak. Lewat mendengarkan cerita anak lebih termotivasi melakukan kebaikan seperti tokoh pada cerita tersebut. Untuk anak generasi milenial, yang katanya sudah sulit dididik dengan kata-kata, mendongeng atau bercerita bisa menjadi sarana mendidik anak tanpa perlu banyak perintah dan larangan.


Contoh nyata bisa diberikan oleh orang tua dalam pergaulan sehari-hari, sedangkan penggambaran peristiwa lain bisa didapat lewat dongeng atau cerita. Nah, lima tema ini penting untuk menjadi unggulan ketika Ladies mendongeng untuk anak:

 

1. Kisah-kisah Teladan dari Al-Qur’an

Tema penting dan utama adalah tema-tema yang berkaitan dengan keimanan. Dari kisah para Nabi dan Rasul, kisah para sahabat, atau kisah lain yang diambil dari Al-Qur’an akan mempertebal keimanan anak. Apa yang diceritakan bisa menjadi contoh anak dalam kehidupan sehari-hari.

2. Kisah Kepahlawanan

Kisah-kisah kepahlawanan mengajarkan pada anak bagaimana berjuang melawan penjajah pada masanya. Keterbatasan peralatan perang dan masih sedikitnya penggunaan teknologi bisa menjadi gambaran tentang kegigihan, perjuangan, dan pengorbanan para pahlawan merebut kemerdekaan. Perjuangan para pahlawan bisa menjadi teladan bagi anak untuk memiliki karakter pemberani, peribadi yang kuat, dan tidak mudah putus asa.

3. Legenda atau Cerita Rakyat

Cerita dengan tema ini akan membuat anak cinta tanah air. Beragam cerita rakyat dari Sabang sampai Merauke, cerita keindahan alam nusantara, menjadi bahan cerita yang seakan tidak ada habisnya. Cinta dan bangga akan tanah air lebih jauh akan mendorong anak punya rasa memiliki dan melestarikan budaya tanah air ditengah gempuran masuknya budaya asing.

4. Cerita Fabel

Dunia binatang adalah dunia yang paling disukai anak-anak. Mengajarkan sesuatu melalui hal yang paling dekat dengan anak akan lebih mudah ditangkap dan diikuti. Ingatan tentang perilaku terpuji yang dicontohkan oleh para tokoh pada cerita fabel akan lebih melekat pada ingatan anak-anak. Lekatnya ingatan ini akan mempengaruhi perilaku anak sehari-hari.

5. Tema Persahabatan

Dari tema persahabatan, Ladies bisa mengajarkan bagaimana bersosialisai, menyelesaikan pertengkaran, belajar berempati, setia kawan, dan lain-lain.

Nah, Smart Ladies, pada era global seperti sekarang ini, memang tidak bisa dihindari masuknya budaya luar yang kadang dengan mudah ditiru oleh anak-anak. Jika Ladies berencana mendongeng untuk anak-anak hari ini, jangan lupa, ya, pilih dari salah satu tema diatas.

Sitatur Rohmah

Ibu rumah tangga 4 putra putri yang mulai beranjak remaja. Menulis adalah hobi sekaligus ajang edukasi bagi putra putrinya untuk mencintai dunia literasi.
Sitatur Rohmah

Related posts

Leave a Comment