Tak Lekang oleh Zaman, Inilah 5 Destinasi Wisata yang Tetap Digemari di Yogyakarta

Smart Ladies, saat ini liburan telah menjadi kebutuhan wajib supaya jiwa dan raga tetap sehat. Mengisi liburan dengan berwisata sangat penting untuk membuat segar otak setelah penat beraktivitas, dalam waktu yang lama.

Pergi berlibur tidak harus ke tempat yang mahal. Bahkan, Ladies bisa mencari destinasi yang hampir tanpa biaya. Tempat-tempat wisata lama bisa jadi tujuan agenda jalan-jalan. Meskipun saat ini sudah banyak wahana modern untuk berwisata, tetapi destinasi lama masih banyak yang tetap digandrungi, seperti lima tujuan wisata lama di Jogja ini.


1. Malioboro

Sumber Foto Pinterest
Kawasan Jalan Malioboro sudah lama dikenal sebagai tempat tujuan wisata. Keberadaan jalan yang berada di jantung kota Jogja ini sering dikaitkan dengan tiga tempat sakral di Jogja, yaitu Gunung Merapi, Keraton dan Pantai Selatan. Sebagai destinasi wisata unggulan Jogja, kawasan Jalan Malioboro adalah tempat berburu oleh-oleh khas Jogja yang dijual pedagang kaki lima di sepanjang jalan.

 

2. Keraton

Sumber Foto Pinterest
Sebagai salah satu kerajaan yang masih berdiri di Indonesia, Keraton Yogyakarta saat ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan Hamengkubuwono X yang juga menjabat sebagai Gubernur Provinsi DIY. Rumah tangga istana Keraton Kasultanan Yogyakarta juga masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Museum yang terdapat pada sebagian dari kompleks keraton menjadi salah satu tujuan wisata Jogja.

 

3. Kaliurang

Sumber Foto Pinterest
Kaliurang adalah daerah yang terdapat di sekitar Gunung Merapi. Di tempat ini banyak terdapat tempat wisata yang menarik, baik yang sudah lama ada maupun yang baru-baru ini dibangun. Keindahan alam menjadi sajian utama daerah wisata di kawasan Kaliurang ini.

4. Candi Prambanan

Sumber Foto Pinterest
Candi ini termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Meskipun di Jogja banyak terdapat candi peninggalan sejarah lainnya, tetapi Candi Prambanan masih menjadi salah satu tujuan wisata utama di Jogja.

5. Pantai Parang Tritis

Sumber Foto Pinterest
Provinsi DIY memang memiliki banyak sekali tempat wisata indah dengan sajian alam memesona, deretan pantai laut selatan adalah salah satunya. Saat ini, sudah banyak dibuka pantai-pantai baru di sepanjang wilayah yang masuk dalam kabupaten Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo. Salah satu yang menjadi ikon wisata Jogja sejak lama adalah Pantai Parang Tritis. Pantainya yang luas serta ombak besar yang menantang tetap menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi salah satu pantai tertua di Jogja

Nah, itulah lima tempat wisata lama di Jojga yang masih sering dikunjungi wisatawan. Temukan tempat wisata murah meriah yang tidak jauh dari rumah Ladies, meskipun sudah berulang kali dikunjungi. Supaya kesegaran pikiran terjaga, dan kesehatan fisik pun ikut prima.

 

Sumber gambar utama: krjogja.com

Sitatur Rohmah

Ibu rumah tangga 4 putra putri yang mulai beranjak remaja. Menulis adalah hobi sekaligus ajang edukasi bagi putra putrinya untuk mencintai dunia literasi.
Sitatur Rohmah

Related posts

Leave a Comment