Pewarna Alami Ini Dapat Membuat Warna Makanan Makin Menawan

Hai, Smart Ladies!

Makanan adalah kebutuhan pokok yang harus kita penuhi untuk bertahan hidup. Selain rasa dan kandungan gizinya, penampilan makanan juga tak jadi perhatian khusus. Bentuk yang lucu dengan warna yang menggoda membangkitkan selera untuk memakannya.

Warna yang menggoda adalah salah satu cara penjual makanan untuk menarik pelanggannya. Alasan estetika inilah yang akhirnya mendorong mereka menggunakan bahan pewarna berbahaya pada makanan mereka. Misalnya pewarna kain dan pewarna plastik. Ngeri, ya, Ladies.

Pewarna kimia atau pewarna sintetik ternyata berbahaya bagi kesehatan, Ladies. Meskipun labelnya pewarna makanan, jika digunakan melebihi takaran yang dianjurkan, tetap akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Bahaya jangka panjang yang mengintai akibat mengonsumsi makanan berpewarna antara lain. Meningkatkan risiko kanker, penurunan kualitas sperma, dan memicu anak menjadi hiperaktif. Sebaiknya, Ladies beralih menggunakan bahan pewarna alami dalam proses pengolahan makanan. Agar terhindar dari dampak buruk tersebut. Berikut adalah bahan pewarna alami yang bisa Ladies gunakan untuk mempercantik hidangan.

1. Kunyit

Kunyit sudah sejak lama menjadi bahan pewarna pada masakan nusantara. Selain memberikan warna kuning yang cantik, kunyit juga membantu mengurangi bau amis pada masakan berbahan ikan dan daging.

2. Daun Nangka dan Buah Naga

Apakah Ladies pernah makan gudeg? Warna merah muda pada kuah gudeg berasal dari rebusan daun nangka. Selain itu daun nangka juga memberika aroma khas nan menggugah selera. Untuk membuat kue, Ladies bisa mencampurkan sedikit irisan buah naga. Dijamin rasanya akan nikmat warnanya juga terlihat cantik, Ladies.

3. Kol Ungu dan Ubi Ungu

Air rebusan kol ungu dapat kita gunakan saat kita ingin menambahkan warna ungu pada makanan yang kita buat ubi ungu juga bisa jadi pilihan jika kita ingin mewarnai cake atau roti

4. Wortel

Jika Ladies  ingin mendapatkan warna oranye wortel bisa jadi pilihan. Warna oranye dari wortel berasal dari betakaroten yang di kandungnya. Semakin tinggi kandungan betakarotennya maka warna wortel semakin kuat.

5. Daun Suji, Katuk, dan Pandan

Daun suji, daun katuk, dan daun pandan sudah terkenal sejak lama. Selain memberikan warna hijau yang cantik, daun pandan juga memberikan aroma yang menggugah selera.

Ladies, siap lebih sehat dengan menggunakan pewarna alami dalam pengolahan makanan? Prosesnya memang lebih ribet, tetapi makanan yang kita olah menjadi sehat dan nikmat. selamat mencoba semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment