Sering Mengalami Susah Tidur? Lakukan 7 Cara Ini Agar Dapat Tidur

Hai, Smart Ladies!

Setelah seharian bekerja atau melakukan kesibukan di rumah, rasanya pada malam hari ingin tidur dengan pulas. Akan tetapi, yang diharapkan terkadang tidak tercapai. Kesulitan tidur malam dapat disebabkan beberapa faktor, di antaranya pikiran, perut lapar, atau keadaan sekeliling yang berisik.

Berikut tujuh cara mengatasi jika mengalami sulit tidur tanpa mengonsumsi obat tidur yang mengakibatkan ketergantungan. Cara tersebut adalah:

1. Memiliki Jadwal Tidur

Usahakan Ladies memiliki jadwal tidur dan harus ditepati. Pastikan semua kegiatan sudah selesai sebelum jadwal tidur, sehingga pada saat tidur pikiran tidak terganggu. Jangan biasakan untuk mengulur waktu tidur. Hal ini mengakibatkan terbiasa tidur pada larut malam.

2. Menjauhkan Diri Dari Ponsel

Aktivitas stalking media sosial pada malam hari memang mengasyikkan. Akan tetapi, kegiatan tersebut dapat mengganggu jadwal tidur. Memang susah untuk menghindari diri membuka ponsel, menjelang tidur malam. Usahakan matikan ponsel dan taruh jauh-jauh agar tidak tergoda untuk menghidupkan kembali.

3. Tidak Mengonsumsi Kafein

Salah satu penyebab dari sulit tidur Adalah adanya kandungan kafein dalam tubuh. Hindari kebiasaan minum kopi. Ladies dapat mengganti dengan minuman lain.

4. Membaca

Perasaan mengantuk cenderung hadir pada saat seseorang merasa bosan. jika Ladies tidak suka membaca, coba lakukan kegiatan ini sebelum tidur. Perasaan bosan saat membaca akan memunculkan rasa mengantuk.

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik ternyata memberikan efek relaksasi, tentunya musik yang didengar adalah musik dengan irama tenang. Misalnya, musik jazz, instrumental, atau keroncong. Volumenya juga diatur tidak terlalu kencang.

6. Membuat Suasana Tenang

Kerapihan kamar tidur juga mempengaruhi suasana tidur yang tercipta. Tempat tidur yang bersih dan rapi dengan bantal yang empuk, lampu tidur yang redup, semua itu akan mengundang mata cepat mengantuk. Jika perlu, tambahkan aroma terapi yang wanginya memberikan efek relaksasi.

7. Tidak Tidur Siang Terlalu Lama

Kebiasaan tidur siang terlalu lama hanya akan membuat susah untuk tidur pada malam hari. Kecuali, jika memang ada rencana begadang. Tidur siang juga dibutuhkan agar memberikan istirahat pada tubuh, tetapi tidak dengan tidur yang terlalu lama. Cukup satu jam saja.

Nah Ladies, demikian cara mengatasi sulit tidur di malam hari karena kesehatan seseorang tergantung dari kualitas tidurnya yang cukup. Usahakan tidur dalam satu hari berkisar tujuh hingga delapan jam. Jika kesulitan tidur malam, hindari pemakaian obat tidur ya, Ladies hal ini akan mengakibatkan kecanduan kecuali jika tidak dapat diatasi, konsultasikan pada dokter. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment