Ingin Mengkritik Orang Lain? Simak 3 Etika dalam Menyampaikannya!

Smart Ladies, kritik merupakan hal yang lumrah dan sering dilontarkan siapa saja. Hal ini adalah konsekuensi sosial karena manusia makhluk yang tidak mampu hidup sendiri. Akan selalu ada orang lain yang menilai dan memperhatikan semua tindakan kita. Sebaliknya, kita juga pasti sering memberikan kritik kepada orang lain.


Ada dua macam kritik, yaitu yang bersifat membangun dan menjatuhkan. Lebih bijaksana bila kritikan yang kita sampaikan bersifat membangun, tidak hanya sekadar menyalahkan. Tidak ingin, bukan, saat berbuat kesalahan hanya dihakimi apalagi dipermalukan?


Ada tata cara yang harus diperhatikan saat kita memberi kritikan. Ini penting agar niat baik untuk memberi masukan kepada orang lain bisa diterima dengan baik. Apa saja etika yang benar saat menyampaikan kritik kepada orang lain? Berikut ulasannya.


1. Awali dengan Pujian

Womantalk.com


Sebelum memberi masukan, lebih baik kemukakan dahulu kelebihan, kebaikan, serta keunggulan dari pihak yang akan dikritik. Buat suasana nyaman dan tidak kaku. Bila dirasa pembicaraan telah cair dan mengalir, sampaikan kritikan langsung kepadanya. Hindari menyampaikan kritik kepada pihak ketiga.


2. Gunakan Tutur Kata yang Enak Didengar

pexels.com


Saat memberi kritik, pakai bahasa yang sopan sehingga tidak menyinggung perasaan. Bila cara bicara kita melukai perasaan, bisa dipastikan maksud dari kritik membangun tidak akan tercapai. Jaga intonasi suara tetap lembut dan datar, tetapi tegas. Ini penting agar lawan bicara tidak menganggap sebagai candaan.


3. Beri Alternatif Jalan Keluar

Billionairecoach.com


Saat memberi kritik, pastikan Smart Ladies juga memiliki solusinya. Jadi sepaket, ya, bukan hanya menyalahkan saja. Berikan alternatif penyelesaian dan cara memperbaiki kesalahannya. Ini akan membuat lawan bicara merasa tetap dihargai dan komunikasi akan berjalan efektif.


Saling memberi kritik yang membangun sangat penting. Hal ini bertujuan agar kita menjadi pribadi yang lebih baik. Selain memberi kritik, kita juga harus siap menerima masukan dari orang lain.

Terus belajar dan memperbaiki diri adalah kunci menjadi orang sukses yang dihormati, ya, Smart Ladies. Menjaga relasi baik dengan orang lain wajib dilakukan karena suatu saat mungkin saja kita akan membutuhkan bantuannya.

Related posts

Leave a Comment