Ide Mentok saat Menulis? Yuk, Intip 5 Tips Produktif Menulis Ini

Hai, Smart Ladies, semoga dalam keadaan sehat dan bahagia. Jika menulis sudah menjadi hobi dan kebiasaan, tidak sulit menemukan ide tulisan dan menyusunnya menjadi rangkaian kata dalan sebuah artikel atau sebuah cerita.

Sayangnya, kadang ide mampet dan tidak bisa menemukan tema untuk dijadikan bahan tulisan, apalagi membuatnya menjadi sebuah artikel panjang.

Penggalian ide, bisa dilatih supaya menjadi sebuah kebiasaan yang membuat Ladies bisa produktif menulis. Lalu bagaimana supaya bisa produktif menulis? Simak 5 tips produktif menulis berikut ini :


1. Banyak Membaca dan Mengamati

Membaca adalah salah satu modal utama bagi penulis. Makin banyak membaca, makin banyak pula wawasan dan ilmu pengetahuan yang dikuasai, demikian juga dengan mengamati. Pengamatan sama dengan sebuah penelitian. Makin dalam mengamati sesuatu, makin banyak yang bisa diketahui.

Banyaknya bacaan juga akan memengaruhi beragamnya kosa kata yang dipakai ketika menulis. Jadi, dengan banyak membaca dan mengamati, akan lebih mudah menuangkan ide dalam sebuah tulisan. Pemilihan kata yang digunakan dalam tulisan pun akan lebih banyak dan beragam. Hasilnya, tulisan akan lebih menarik.


2. Siapkan Alat Mencatat

Tidak setiap saat Ladies dapat membuka laptop atau gawai untuk menulis. Sedangkan ide, kadang datang tanpa diundang dan cepat pergi sebelum semua tertulis rapi. Kiatnya adalah menyiapkan alat untuk mencatat ketika tiba-tiba muncul ide.

Alat mencatat bisa berupa notes kecil, lengkap dengan pulpen, atau papan gantung dengan kertas dan pulpen yang siap digunakan. Papan gantung bisa diletakkan di mana saja. Bisa di dapur, kamar atau ruangan lain yang mudah terjangkau.

Cara yang lebih praktis adalah dengan membuat catatan di gawai. Ketika sudah ada waktu untuk menulis, ide awal dengan mudah disalin dan dikembangkan, tidak perlu menulis ulang.


3. Membuat Pohon Kata sebagai Bank Ide


Pada saat ide muncul, cukup dituliskan temanya saja. Supaya nanti mudah ditulis, buatlah semacam pohon kata. Dari tema utama yang dipilih, dibuat dahan-dahan yang berisi pengembangan dari ide utama. Tiap dahan memiliki beberapa ranting berisi penjelasan kata selanjutnya. Dari pohon kata ini bisa dihasilkan beberapa kalimat, lo.


4. Membuat Draf Tulisan

Cara yang hampir mirip denga pohon ide adalah dengan membuat draf tulisan. Draf atau rancangan tulisan berisi tiga kalimat utama, yaitu pembuka, isi tulisan, dan penutup. Kalimat pendek dari draf ini akan menjadi uraian yang panjang dan lengkap ketika sudah menjadi sebuah artikel atau tulisan.


5. Mengikuti Tantangan


Tips produktif lainnya yang cukup manjur adalah mengikuti kompetisi atau tantangan. Pada setiap tantangan, peserta ditargetkan membuat tulisan per hari, misalnya One Day One Artikel, One Day One Post, atau One Day One Story.
Dengan mengikuti tantangan ini, Ladies tanpa terasa dipaksa untuk produktif menulis. Tantangan biasanya menawarkan hadiah yang menarik. Namun, berhasil menyelesaikannya adalah hadiah sebenarnya karena Ladies berhasil melawan kemalasan.
Dengan mengikuti tantangan, selain bisa lebih produktif, kemampuan menulis Ladies juga semakin terasah.


Apakah hari ini ide Ladies mampet? Cobalah jalan-jalan sambil membawa buku kecil dan pulpen untuk mencatat. Setelah itu, rasakan pancaran ide yang mengalir lebih deras dari biasanya. Selamat mencoba, ya!

Sitatur Rohmah

Sitatur Rohmah

Ibu rumah tangga 4 putra putri yang mulai beranjak remaja. Menulis adalah hobi sekaligus ajang edukasi bagi putra putrinya untuk mencintai dunia literasi.
Sitatur Rohmah

Related posts

Leave a Comment