Hati-Hati, 4 Jenis Minuman Ini dapat Menyebabkan Pengerasan Otak

Hai, Smart Ladies!

Pengerasan otak bukanlah istilah kondisi otak yang mengeras dalam artian yang sesungguhnya, tetapi merupakan kondisi penurunan fungsi otak. Akibatnya, banyak gangguan yang muncul seperti gangguan memori serta perubahan kondisi fisik dan mental. Pengerasan otak yang biasanya terjadi pada bagian lobus frontal ini belum memiliki obat khusus.

Salah satu penyebab pengerasan otak adalah gaya hidup tak sehat, di antaranya adalah jenis minuman yang dikonsumsi yang memiliki akibat jangka panjang. Beberapa jenis minuman tersebut bisa menyebabkan kelemahan otak sehingga berujung pada pengerasan otak. Berikut daftarnya


1. Alkohol

Dampak alkohol bagi tubuh dapat terlihat dalam waktu cepat atau lambat, tergantung dari jumlah dan berapa lama minuman tersebut dikonsumsi. Pengerasan otak membuat ingatan memburuk, sulit bicara, tidak dapat melihat objek dengan jelas, dan sulit berjalan.


2. Aspartam

Aspartam adalah zat pemanis yang digunakan pada bahan minuman untuk menambah rasa dan sensasi, salah satunya pada minuman berkarbon. Tiga bahan utama pembentuk aspartam adalah fenilalanin, metanol, dan asam aspartat. Ketiga bahan tersebut tidak aman untuk makanan dan minuman karena menjadi racun kimia yang bisa merusak otak. Bahaya yang sering muncul pada kasus keracunan aspartam adalah kejang termasuk kejang otak. Selain itu, bahaya lain dari aspartam adalah kerusakan jantung, kejang otot, gangguan pendengaran, tumor otak, dan Alzheimer.


3. Minuman Penambah Energi

Minuman berenergi dikonsumsi untuk meningkatkan stamina, tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan akan timbul bahaya. Kafein yang terlalu tinggi dalam minuman berenergi dapat mengganggu kerja otak. Sensasi semangat yang terjadi setelah mengonsumsi minuman berenergi hanya berlangsung selama waktu tertentu saja.


4. Pemanis Buatan

Minuman yang mengandung pemanis buatan juga mengandung zat adiktif yang dapat menimbulkan kerusakan otak. Pemanis buatan berpotensi merusak lapisan protein dalam otak. Inilah yang menyebabkan pengerasan otak, serta memperparah gangguan memori pada otak.

Nah, Ladies, Mari bijak memilih jenis minuman untuk dikonsumsi.

Related posts

Leave a Comment