Ini Dia 4 Tempat Pemakaman Yang Tak Biasa

Smart Ladies, kematian adalah sebuah keniscayaan bagi setiap mahluk hidup. Prosesi dan ritual kematian tidak semua sama. Masing-masing dipengaruhi oleh tradisi, budaya, serta kepercayaan yang diyakininya.

Seperti di beberapa daerah di Indonesia dan belahan dunia, seperti berikut ini :

1. Toraja

Proses pemakaman orang suku Toraja, (biasa disebut Rambu solo’). Merupakan ritual pemakaman yang dilakukan setelah berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, sejak kematian.
Karena ritual ini membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Persembahan untuk hewan ternak tidak cukup hanya satu, tapi bisa berpuluh- puluh ekor kerbau dan babi.

Cara pemakamannya pun unik, mayat diletakkan dalam tebing-tebing batu yang dilubangi hingga menjadi gua batu. Bagi bangsawan dan kalangan strata sosial yang tinggi, gua batu dihias dan diukir.

2. Pemakaman Truyan

Truyan adalah nama sebuah desa di Bali, berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Di desa ini ada pemakaman unik, lo.
Mayat hanya diletakan dalam area pemakaman tanpa dikubur. Di area pemakaman banyak tumbuh pohon taru menyan atau menyan, yang mampu menetralisir bau mayat.

3. Pemakaman Langit

Cara pemakaman ini, ada di Nepal, Tibet, dan Mongolia. Di mana mayat akan dipotong- potong dan dijadikan makanan burung pemakan bangkai.

Dalam keyakinan yang mereka anut, proses ini memberi kemudahan pada jiwa yang meninggal. Juga berfungsi membuang sisa tubuh manusia melalui kebaikan, dengan cara memberi makan pada burung pemakan bangkai.

4. Taman Mayat

Mungkin terdengar aneh, tapi ini nyata. Terdapat sebuah tempat, di mana mayat-mayat dibiarkan, tergeletak dan bertebaran hingga membusuk dengan sendirinya.

Taman ini ada di Tennese, Amerika Serikat. Mayat-mayat dalam taman ini digunakan untuk keperluan riset.

So, Smart Ladies, tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat ini?

Sumber gambar: travel.tribunnews.com

Related posts

Leave a Comment