3 Hal Penting Tentang Jantung yang Jarang Orang Ketahui

Hai, Smart Ladies

Jantung adalah organ tubuh yang sangat vital karena ia bertugas untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan cara memompanya melewati pembuluh darah. Jantung manusia berada di tengah dada, di antara paru-paru cenderung ke sebelah kiri belakang tulang iga. Jantung menjadi tempat keluar masuknya darah. Darah kotor yang diterima dari pembuluh darah  dipompa menuju paru-paru, darah bersih dari paru-paru dipompa ke seluruh tubuh.

Jantung terdiri dari rongga-rongga yang dinamakan serambi dan bilik dengan tugasnya masing-masing. Di dalam rongga inilah terdapat katup-katup sebagai pintu yang mengatur aliran darah yang masuk dan keluar.
Banyak hal menarik yang perlu diketahui tentang jantung sebagai organ vital dalam tubuh manusia. Berikut beberapa hal yang jarang diketahui tentang jantung :


1. Jantung mempunyai tugas utama untuk memompa darah ke pembuluh darah di seluruh tubuh

Tujuh ribu liter darah dipompa setiap hari. Darah yang masuk dipompa untuk dibersihkan, lalu disalurkan kembali ke seluruh tubuh. Pergerakkan jantung yang memompa darah menimbulkan gesekan dengan organ lain. Namun jantung memiliki pelumas agar tidak terjadi gesekkan yang menyakitkan.


2. Detak jantung normal dalam sehari sebanyak seratus ribu kali

Jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya jika panik, takut, dan cemas. Hal ini juga sebagai tanda jantung memompa lebih banyak darah. Jantung berdetak lambat saat tidur, karena seluruh organ tubuh beristirahat. Saat tidur, organ tubuh tidak memerlukan asupan darah yang banyak seperti saat beraktivitas.


3. Besar jantung kira-kira sebesar kepalan tangan kita

Kurang lebih seberat 200-425 gram. Bunyi detak jantung sesungguhnya adalah bunyi katup jantung yang membuka dan menutup. Jantung laki-laki berdetak lebih sedikit daripada jantung perempuan.

Rumitnya anatomi dan fungsi jantung, membuat jenis gangguan jantung beraneka ragam. Dari kelainan bawaan, ritme, gangguan pembuluh darah pada jantung, dan sebagainya. Pola hidup sehat dan selalu berfikiran positif sangat membantu jantung untuk tetap sehat.

Related posts

Leave a Comment