Ini, 7 Trik Jitu Mengatasi Stres dalam Penikahan!

Menjalani sebuah pernikahan layaknya naik roller coaster, ya, Smart Ladies. Kondisinya bisa naik, turun, dan selalu diuji dengan beragam permasalahan. Hal ini bisa membuat pernikahan mengalami stres. Situasi yang hambar, panas, dan tidak nyaman akan berpotensi mengakibatkan perselisihan bahkan perceraian.

Idealnya rumah adalah tempat melepas penat setelah seharian berkutat dengan aktivitas. Namun, bila kondisi di rumah tak lagi nyaman dan menyenangkan, kondisi psikis setiap anggota keluarga menjadi tak sehat. Bila Ladies mengalami hal ini, 7 trik dari @sharingmama  berikut mungkin bisa membantu.


1. Cari Penyebabnya


Cari tahu pokok permasalahan yang sedang dihadapi. Banyak pemicu yang bisa menyebabkan hubungan suami-istri tak lagi harmonis. Masalah keuangan, pekerjaan, anak, adanya affair dari salah satu pihak, hingga campur tangan mertua bisa berpotensi membuat pernikahan Ladies menjadi stres.


2. Cari Solusi


sumber pexels

Setelah mengetahui akar permasalahannya, duduk dan diskusikan bersama. Berusahalah mencari solusi dari masalah yang sedang dihadapi dengan kepala dingin dan hati yang tenang.

Bila ada hal yang mengganjal di hati, bisa diutarakan kepada pasangan, tapi tetap dengan nada suara rendah dan bertujuan mencari jalan keluar terbaik. Bila diskusi semakin memanas dan tak menemukan kesepakatan, cooling down sejenak, jangan dipaksakan.


3. Me Time


Walau sudah menikah, suami istri masih berhak melakukan hobi masing-masing. Alokasikan waktu untuk diri sendiri secara berkala. Me time yang teratur bisa bermanfaat menyegarkan sebuah hubungan pernikahan.


4. Lakukan Aktivitas Bersama


Seringlah melakukan aktivitas bersama-sama, seperti jalan pagi atau sekedar memasak mi bersama. Hal ini akan membuat ikatan antara suami istri kuat. Selain bisa lebih saling mengenal, kita juga bisa lebih menghargai pasangan.


5. Liburan Keluarga

sumber pexels

Bila memungkinkan, jadwalkan liburan bersama keluarga. Saat berlibur, lupakan pekerjaan, fokus pada anak dan pasangan. Nikmatilah momen kebersamaan dengan keluarga. Hal ini akan memperkuat ikatan antar anggota keluarga. Tak perlu mahal, asal berkualitas.


6. Habiskan Waktu Berdua


Setelah memiliki anak, waktu berdua dengan pasangan mulai berkurang. Sesekali, luangkan waktu berduaan dengan pasangan, sementara titipkan buah hati kepada kakek-neneknya. Menghabiskan waktu berdua akan membuat bonding dengan pasangan tetap kuat.


7. Lebih Sering Bermesraan


sumber pexels

Kontak fisik berupa pegangan tangan, pelukan, atau kecupan ringan di kening bisa menurunkan hormon stres. Hal ini membuat psikis suami-istri lebih tenang. Selain itu, hubungan intim yang teratur juga membuat kita lebih bahagia, bersemangat, dan berenergi. Sering berhubungan intim juga membuat hidup kita terasa lebih baik.

Pernikahan yang sehat memerlukan interaksi dan timbal balik dari kedua belah pihak. Jadi, bila ada masalah, lebih baik bicarakan dan cari solusinya bersama. Jangan memendam masalah yang nantinya akan berakibat hubungan pernikahan semakin buruk. Semoga pernikahan Smart Ladies selalu sehat dan langgeng.

Related posts

Leave a Comment