5 Tanaman Pembasmi Nyamuk Demam Berdarah

Hai, Smart Ladies!


Musim hujan telah tiba, hendaknya Ladies berhati-hati terhadap penyebaran penyakit demam berdarah. Penyakit yang ditengarai oleh virus dengue melalui gigitan nyamuk Aedes aegepty sangatlah mematikan. Mencegah penyakit demam berdarah dapat dilakukan dengan mengadakan penguapan atau fogging. Namun, fogging berbahan dasar gemenphos organosfosfat selain memberi dampak resistensi pada nyamuk demam berdarah, juga bisa mengakibatkan keracunan pada manusia. Beberapa penelitian akhirnya menemukan bahan alami yang dapat mengusir nyamuk demam berdarah. Bahan tersebut adalah:


1. Kunyit

Kandungan minyak atsiri pada kunyit berguna sebagai pembasmi alami nyamuk demam berdarah. Selain itu, jika dikonsumsi, kurkuma yang terdapat pada kunyit dapat membantu proses penyembuhan dari sakit demam berdarah.

Melati [Pixabay]


2. Bunga Melati

Penelitian menemukan bahwa melati adalah tanaman yang efektif dalam membasmi nyamuk. Minyak atsiri yang terkandung pada bunga melati inilah yang digunakan untuk membasmi nyamuk


3. Serai

Serai selain sebagai bumbu dalam masakan dapat juga dipakai sebagai pembasmi nyamuk. Kandungan minyak atsiri dan sitronela memegang peranan penting dalam membasmi nyamuk. Gunakan air yang diberi potongan serai sebagai penyegar ruangan atau rebus air dengan serai untuk mengepel agar nyamuk tidak bertamu ke rumah Ladies.


4. Cengkih

Minyak atsiri pada cengkih mengandung zat eugenol yang bekerja memengaruhi sistem saraf pada nyamuk. Selain itu, flavonoid pada cengkeh dapat melumpuhkan sistem pernapasan pada nyamuk sehingga menyebabkan kematian.


5. Bunga Lavender


Bunga lavender bukan saja tanaman hias yang indah, tetapi juga bisa untuk mengusir nyamuk. Tanamlah bunga lavender ini agar rumah Ladies terhindar dari serangan nyamuk. Bunga lavender banyak digunakan sebagai bahan utama untuk membuat lotion anti nyamuk.

Ladies, selain menggunakan bahan alami pembasmi nyamuk tersebut, hindari juga genangan air di sekitar rumah. Hujan yang turun dapat menimbulkan genangan air yang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Tutup tempat air dan hindari terlalu banyak menggantung baju, karena berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Selamatkan keluarga Ladies dari serangan nyamuk demam berdarah. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment