Mengatasi Anak yang Susah Bangun Pagi

Hai, Ladies!

Bagi Ladies yang memiliki anak usia sekolah, tentu mempunyai  kewajiban tambahan untuk mempersiapkan mereka dari bangun tidur hingga berangkat ke sekolah. Membangunkan anak terkadang menjadi masalah tersendiri dan tak sedikit orang tua yang mengalami kesulitan saat membangunkan anak di pagi hari. Bahkan, mereka harus rela menggendongnya ke kamar mandi sementara si anak masih setengah tidur.

Sebaiknya, Ladies mengatasi masalah ini sedini mungkin agar anak terbiasa bangun pagi dan bersemangat untuk berangkat sekolah. Bagaimana caranya? Yuk, simak trik berikut ini.

1. Tidur Lebih Awal

Cobalah mengajak anak untuk tidur 30 menit lebih awal dari waktu normal tidur mereka.Ladies bisa membuat mereka tidur lebih cepat dengan mematikan semua perangkat elektronik yang ada, seperti ponsel, komputer, atau televisi. Kenakan piyama pada mereka dan ajaklah bercerita agar merasa nyaman.

2. Cukup Waktu Tidur

Anak akan mendapat waktu istirahat yang sempurna, jika ditambah dengan tidur siang. Maka sesudah pulang sekolah, biasakan anak beristirahat untuk tidur siang agar waktu tidur akan maksimal. Satu hal lagi, biasakan anak mempunyai batas waktu untuk tidur, misalnya jam sembilan malam mereka harus sudah masuk kamar.

Sumber Pinterest

3. Membuat Tidur yang Nyaman dan Tenang

Rasa nyaman dapat memberikan kualitas tidur yang baik sehingga mereka akan mudah dibangunkan di pagi hari. Caranya adalah dengan mematikan lampu kamar, temani sampai benar-benar tertidur pulas, membacakan dongeng atau memberikan belaian pada mereka.

Sumber Pinterest

4. Menyalakan Lampu saat Pagi

Jika Ladies ingin mereka bangun lebih cepat, nyalakan lampu saat pagi hari.Tubuhnya seakan ada yang memaksa untuk bangun karena pancaran cahaya.

5. Siapkan Sarapan Favorit

Mungkin aroma sarapan favorit dapat menjadi trik yang manjur agar mereka bisa bangun pagi.Cobalah membuat makanan yang lezat dan mereka sukai.Mencium aroma makanan kesukaannya bisa membuat anak cepat bangun dari tempat tidurnya.

6. Mengajarkan Disiplin dan Tanggung Jawab

Sejak dini, anak harus dibiasakan disiplin dan bertanggung jawab. Berikan pengertian bahwa tanggung jawab mereka adalah bersekolah, maka jangan sampai telat. Atur alarm jam setiap pagi agar mereka terbiasa disiplin. Namun jangan lupa, sebagai orangtua kita harus memulai dari diri sendiri, anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya.

7. Ceria dan Bahagia

Buatlah suasana ceria dan bahagia di pagi hari. Jika saat dibangunkan anak berteriak dan menjerit, jangan balas dengan energi yang negatif. Sebaliknya, belailah mereka dengan kasih sayang dan kalimat-kalimat positif. Hal ini akan mengubah sikap buruk mereka menjadi suasana yang lebih tenang dan positif.

Sumber Pinterest

Itulah tips untuk membangunkan anak di pagi hari. Kesibukan di pagi hari terutama untuk membuat anak bersekolah tepat waktu dapat membuat Ladies stres, ditambah dengan membuat semua berangkat pada waktunya. Cara-cara di atas diharapkan dapat mengurangi tekanan di pagi hari, sehingga tercipta suasana rumah yang menyenangkan.

Related posts

Leave a Comment