Cara Ampuh Bikin Tubuh Ramping dengan Jalan Kaki

Hai, Smart Ladies.

Banyak orang berpikir untuk menurunkan berat badan guna mendapatkan tubuh yang langsing. Maka olahraga berat dengan intensitas sering dan melelahkan pun dilakukan. Padahal, jalan kaki saja sudah cukup mendapatkan manfaat asal dilakukan dengan benar.

Pakar kebugaran menilai, jalan kaki jauh sangat efektif dibanding lari bila sedang ingin menurunkan berat badan. Namun, jalan kaki seperti apa yang efektif untuk membuat tubuh ramping?

Chris Gagliardi mengatakan, jalan kaki tidak hanya bisa membakar kalori, tetapi juga meningkatkan kekuatan, fungsi jantung dan kolesterol, serta membantu oksigen mengalir keseluruh tubuh. Yuk, simak beberapa tips yang bisa Ladies lakukan di rumah.

1. Berdiri dengan Tegak

Sumber gambar liputan6.com

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan orang ketika sedang berjalan adalah tubuhnya condong ke depan karena bisa memperlambat langkah. Mempertahankan postur tubuh yang baik dan tegak akan sangat efisien. Hal ini juga mempermudah kita untuk menarik dan membuang napas dalam sehingga gerak langkah dapat lebih cepat dan semakin jauh.

2. Ambil Langkah dan Lakukan Teratur

Sumber gambar liputan6.com

Pikirkan upaya untuk berjalan mulai dari area rumah, dan lama-lama semakin jauh dan cepat. Berjalan cepat akan menjadi power walk yang bagus bagi kebanyakan orang.

3. Latihan Jalan Cepat

Young Women Power Walking — Image by © Redlink Production/Corbis

Kita bisa mendapatkan ketepatan dan kecepatan tertentu saat berjalan kaki di treadmill, bisa juga memakai arloji pelacak GPS atau merekam statistik untuk mengetahui kecepatan gerak. Tapi jika tidak dapat melakukannya, cara untuk mengukur intensitas adalah dengan memperhatikan napas. Untuk meningkatkan pembakaran kalori lebih tinggi saat berjalan cepat, dorong kecepatan kita sampai sulit untuk bicara dalam satu kalimat.

4. Keseimbangan Tangan

 Sumber gambar Hallo sehat

Ayunan tangan sangat efektif guna mendorong tubuh ke depan, meningkatkan detak jantung, dan mengencangkan tubuh bagian atas. Gagliardi merekomendasikan supaya lengan ditekuk 90 derajat untuk memudahkan berjalan cepat.

5. Aktifkan Otot Perut

 Sumber gambar mata hidup

Salah satu alasan yang sangat penting untuk menjaga otot perut adalah untuk membantu menjaga tulang belakang aman. Bagaimanapun, berjalan adalah latihan yang seharusnya membantu guna mempertahankan postur yang baik. Caranya, dengan berjalan kaki rutin selama satu minggu 150 menit.

6. Beri Tambahan Beban

 Sumber gambar decathlon Indonesia

Membawa sepasang dumbbell yang ringan sambil berjalan kaki merupakan salah satu strategi yang bagus. Berjalan dengan beban meningkatkan pembakaran kalori.

7. Tambah Interval

Sumber gambar Bd guide

Menambah interval bisa membakar lebih banyak kalori selama dan setelah latihan. Hal ini juga akan meningkatkan konsumsi oksigen setelah olahraga berlebih (Excess Post-Exercise Oxygen Consumption). Caranya, dengan meningkatkan durasi atau jarak setiap melakukan latihan. Agar benar-benar maksimal, bisa juga mengulang berjalan tempat yang rendah sampai tinggi beberapa kali.

Ternyata aktivitas simpel ini selain membuat tubuh tampang juga menjaga tubuh tetap sehat dan meminimalisir berbagai penyakit yang akan datang mendekati tubuh. Yuk, Ladies mulai kegiatan positif ini secara rutin dari sekarang. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Comment