Mangkuk Ayam Jago, Ternyata Bukan Asli Indonesia

Hai, Smart Ladies!

Jika Ladies penggemar bakso, mi ayam, soto, atau bubur kaki lima tentu merasa akrab dengan  mangkuk bergambar ayam jago. Mangkuk keramik ini banyak terdapat di Indonesia dan sudah populer sejak tempo dulu. Kepopuleran mangkuk ini pun bertambah saat sebuah pabrik penyedap rasa menjadikannya bonus pembelian dalam jumlah banyak.

Mangkuk Ayam Jago di Cina

                        Sumber foto: www.greatnessindonesia.com

Di negara asalnya, Cina, mangkuk ini tidak hanya tenar sebagai alat makan sehari-hari tetapi juga digunakan sebagai properti di film-film Hong Kong karya Stephen Chow pada tahun 90-an. Selain itu mangkuk jago wajib menjadi “seserahan” dalam upacara pernikahan di sana. Orang Kanton biasa menyebutnya dengan Jigongwan, sedangkan di wilayah Cina bagian utara disebut Gongjiwan, dan penduduk yang berdialek Minnan  di Cina bagian selatan menyebut Jijiaowan.

Asal Usul Gambar Ayam Jago

Berawal pada masa Dinasti Ming periode pemerintahan Kaisar Chenghua (1465-1487), sang Kaisar memesan empat buah cawan bergambar ayam jago dan ayam betina pada pengrajin keramik khusus. Cawan tersebut dikenal dengan Jigangbei atau “cawan ayam”. Kata Ji, berarti “ayam”, mirip bunyinya dengan kata Jia yang bermakna “rumah”. Gambar tanaman peoni melambangkan kekayaan, sedangkan pohon pisang bermakna keberuntungan keluarga. Kaisar Qian Long yang memerintah tahun 1735-1796 membuat puisi khusus memuja mangkuk ayam jago. Para petani di Cina menganggap mangkuk ayam jago sebagai lambang kerja keras untuk kemakmuran. Seperti peran ayam jago yang selalu membangunkan orang pada pagi hari untuk segera bekerja.

Gambar Ayam Jago Kini

Sumber foto: kompas.com                                       

Zaman sekarang, gambar ayam jago pada mangkuk legendaris tersebut menjadi inspirasi para kaum muda kreatif untuk membuat beragam aksesori seperti, tas, kaus, topi, selendang, sarung bantal, dan jaket. Begitu banyak penggemarnya melakukan swafoto dengan barang-barang bergambar ayam jago. Mereka tampil dengan rasa bangga. Bahkan, para produsen alat makan memproduksi varian mangkuk dan piring bergambar ayam jago. Lebih-lebih, bintang Hollywood Joe Jonas pun pernah memakai jaket bergambar mangkuk ayam fenomenal ini.

Mangkuk Ayam Jago Bukan Asli Indonesia

Mangkuk ayam jago ini tak hanya fenomenal di Indonesia, tetapi juga dapat ditemukan di Singapura, Bangkok, Malaysia, dan Cina. Mangkuk yang memiliki diameter atas 16,5 cm,  bawah 9 cm, dan tinggi 6 cm ini bukan asli dari Indonesia, karena terdapat tulisan “Made In China” di bagian bawahnya. Walaupun demikian, eksistensinya menjadi saksi kelezatan dan kekayaan kuliner nusantara. Mangkuk legendaris ini berasal dari Cina dan masuk ke Asia Tenggara melalui jalur perdagangan, termasuk ke Indonesia.

Tidak hanya populer dan menjadi legendaris, mangkuk bergambar jago telah menguntungkan banyak orang dari segi bisnis, yaitu makanan, pakaian dan aksesori lainnya. Ternyata penggunaan lukisan ayam jago tidak bisa digunakan oleh sembarang orang karena dilindungi  Undang-Undang Republik Indonesia yang mengatur tentang merek dan indikasi geografis. Hingga kini, Ladies masih dapat menemukan mangkuk bergambar jago di kedai atau warung makan sederhana dan tradisional. Dengan mengenal sejarah mangkuk ini, Ladies mengetahui ternyata  kesuksesan dapat diraih di balik kesederhanaan lambang ayam jago.

 

 

 

Related posts

Leave a Comment