Belajar Standup Comedy di Komunitas Pamulang

Komunitas Standup Comedy

Standup comedy merupakan jenis komedi yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. Beberapa ajang kompetisi nasional sering diselenggarakan. Hal inilah yang kemudian membuat beberapa orang komik, panggilan komedian di standup comedy, berinisiatif membentuk komunitas di kotanya masing-masing. Anggotanya adalah para pencinta dan penggiat standup comedy dan salah satunya yaitu Komunitas Standup Comedy Pamulang.

Berdiri sekitar Oktober 2011, Komunitas Standup Comedy Pamulang mengawali namanya dengan Mic Jokes. Nama ini resmi diganti menjadi Standup Comedy Pamulang pada 4 Febuari 2012. Tujuan berdirinya adalah memfasilitasi para pecinta dan penikmat standup comedy untuk bisa menikmati dan belajar langsung menjadi komik di daerah Tangerang Selatan, khususnya wilayah Pamulang dan sekitarnya. Selain itu harapannya, komunitas ini menjadi wadah positif kreatif untuk masyarakat.

“Sementara ini, Standup Comedy Pamulang belum mempunyai struktur organisasi resmi. Namun, dalam perjalanannya, kami mempunyai humas dan manajemen dalam pengembangan komunitas. Kami juga menjadikan Rocky Café di samping RSUD Tangerang Selatan sebagai tempat berkumpul.” tutur Mukhtara Rama, salah satu komik.

Ingin tahu tentang Standup Comedy Pamulang? Datang saja ke Rocky Cafe setiap Jum’at dan Sabtu malam. Pada Jum’at malam komunitas ini mengadakan sharing dan belajar bersama komik, sedangkan di malam Minggunya mereka menyelenggarakan open mic atau latihan pertunjukkan.

Mukhtara Rama juga menambahkan, jika sampai saat ini mereka masih kesulitan mencari tempat yang cocok sebagai tempat open mic. Sulit menemukan pemilik yang tidak hanya memberikan tempat, tetapi juga mampu mengapresiasi secara maksimal kebutuhan komunitas. Namun, melalui tempat yang saat ini digunakan, komunitas sudah dapat menunjukkan prestasi. Beberapa anggota berhasil lolos seleksi Standup Comedy Indonesia Kompas TV session 6 pada tahun 2016 dan session 7 tahun 2017.

Standup Comedy Pamulang mulai diakui kancah nasional. Selain beberapa kegiatan sudah berhasil diselenggarakan, seperti mengadakan lomba dan pelatihan standup comedy untuk kalangan pelajar, komunitas ini juga berhasil menggelar acara Standup Nite pertama pada bulan Oktober 2016 lalu dan dihadiri sekitar 200 orang. Anggota Stand Up Comedy Pamulang juga sudah banyak yang berkarir di bidang entertainment, seperti men jadi MC di berbagai acara lokal.

Hingga tahun 2018, sudah banyak anggotanya yang berkiprah di dunia komedian lokal dan nasional.  Tentunya anggota komunitas berharap Standup Comedy Pamulang terus maju. Apalagi, jika hal ini bisa menjadi wadah positif bagi para komik yang sebagian besar anggotanya adalah pemuda. Semoga ini menjadi inspirasi bagi semua.

Related posts

Leave a Comment