Ingin Bisnis Indekos? Perhatikan 8 Hal Ini!

Halo, Smart Ladies!

Usaha indekos tergolong dalam bisnis yang menguntungkan.Saat ini, di kota-kota besar, terdapat begitu banyak rumah indekos. Banyaknya perantau yang mencari nafkah dan menempuh studi di kota menyebabkan rumah indekos menjamur. Oleh karena itu, banyak pengusaha melirik bisnis ini  karena pengelolaannya sangat mudah dan dapat memberikan penghasilan rutin. Jika dikelola secara serius dan baik, bisnis ini sangat menjanjikan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk merintis usaha ini adalah:

1. Modal Usaha

Modal yang diperlukan untuk lahan, bangunan, serta fasilitasnya seperti AC, furniture, dan desain interior tergolong besar. Selain itu, juga diperlukan anggaran operasional, seperti listrik, air, keamanan, dan iuran lingkungan. Sumber modal bisa berasal dari dana pribadi maupun patungan dari beberapa teman yang sepakat membuka usaha bersama. Jika membuka usaha patungan, buatlah perjanjian tertulis untuk menghindari konflik di kemudian hari.

2. Lokasi Usaha

Pilihlah lokasi yang strategis, dekat dengan perkantoran, kampus, fasilitas publik, dan memiliki akses transportasi umum. Pertimbangkan membeli lahan bebas banjir dan relatif aman.

3. Menentukan Target Penyewa

Langkah pertama, Ladies harus menentukan target penyewa, misalnya indekos dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa. Sebenarnya, penyewa bukan kalangan mahasiswa saja, tetapi karyawan hingga turis juga memerlukan tempat indekos untuk menginap.

4. Fasilitas yang Ditawarkan

Sesuaikan fasilitas dan layanan yang  ditawarkan dengan calon penghuni indekos. Contoh fasilitas standar di antaranya tempat tidur, lemari, meja, kursi, AC, kamar mandi, TV, WiFi, serta laundry. Pastikan Ladies menjaga kebersihan kamar dan lingkungannya agar penghuninya betah.

5. Termin Kos

Umumnya, untuk penyewa dalam jangka panjang, termin indekos menggunakan sistem bulanan, misalnya pelajar dan mahasiswa. Sedangkan bagi penyewa jangka pendek, dapat diberlakukan sistem harian atau mingguan, misalnya orang yang sedang berlibur, magang, dan lainnya.
Dalam hal ini tarif kos bersifat fleksibel sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

6. Tarif Sewa Kos

 Harga sewa indekos yang tepat sangat penting untuk menjamin kelangsungan usaha. Sebelum menetapkan  tarif, sebaiknya Ladies melakukan survei di tempat indekos yang berdekatan. Berdasarkan spesifikasi kamar dan fasilitas yang dibutuhkan penyewa, Ladies dapat menetapkan harga yang pantas.

7. Pengelolaan dan Promosi

Pengelolaan indekos sebenarnya dapat dilakukan sendiri. Namun, bila indekos merupakan usaha sampingan Ladies memiliki pekerjaan utama, carilah seseorang yang akan menjadi pengelola. Untuk melakukan promosi, Ladies dapat memanfaatkan situs web. Di internet banyak ditawarkan jasa iklan indekos berbayar yang cukup memadai. Alasannya, promosi melalui internet memiliki jangkauan luas dan biaya yang diperlukan relatif murah.

8. Perizinan dan Pajak

Usaha indekos telah diatur dalam peraturan daerah. Biaya perizinan dan pajak yang berlaku di setiap daerah tentu berbeda-beda. Di daerah tertentu, sebuah rumah indekos mewah, besar pajaknya dapat disamakan dengan hotel. Sebaiknya, sebelum memulai usaha indekos, Ladies berkonsultasi dengan pelaku bisnis ini dan pengurus lingkungan setempat.

Bisnis indekos memang sangat menggiurkan karena potensi keuntungannya yang sangat tinggi. Namun, Ladies perlu persiapan matang agar usaha ini kelak tidak merugi.

 

 Sumber gambar: media.rooang.com

Related posts

Leave a Comment