Smart Ladies Sering Makan tanpa Minum? Ini Akibatnya

Hai, Smart Ladies!

Kebiasaan sebagian besar orang setelah makan adalah minum air. Selain untuk menghindari rasa tak nyaman pada tenggorokan, juga untuk melancarkan makanan masuk ke saluran pencernaan. Namun, tak semua orang memiliki kebiasaan tersebut. Ada beberapa orang sering lupa untuk minum setelah makan.

Padahal, minum setelah makan berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh. Selain itu, pencernaan akan menjadi lebih lancar dan mendukung penyerapan makanan yang kita konsumsi. Lalu, apa akibat jika Ladies tidak minum setelah makan? Berikut ulasannya.


1. Rasa Kering pada Mulut dan Kerongkongan

Jika Ladies tidak segera minum setelah makan, mulut dan kerongkongan akan terasa kering. Rasa tidak nyaman juga akan muncul, apalagi jika melakukan aktivitas yang mengharuskan banyak berbicara. Hal ini memang tidak berbahaya, tetapi cukup mengganggu.


2. Makanan Tersangkut di Tenggorokan

Selain melancarkan makanan ke dalam saluran pencernaan, minum setelah makan juga melegakan kerongkongan. Terkadang masih ada makanan yang menyangkut di kerongkongan dan belum turun ke saluran pencernaan. Rasa seret pada kerongkongan terjadi karena makanan belum sepenuhnya terdorong ke dalam lambung.


3. Bau Mulut

Sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut dan tidak ikut terdorong ke dalam saluran pencernaan akan membuat mulut mengeluarkan bau tak sedap. Minum setelah makan adalah salah satu cara untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di gigi dan mulut. Kondisi bau mulut ini akan mengganggu orang lain yang menjadi lawan bicara.


4. Dehidrasi

Tidak hanya rasa kering pada mulut, tidak minum setelah makan juga dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Rasa haus yang berlebihan dalam jangka panjang akan menimbulkan sakit kepala dan rasa lelah pada tubuh. Selain itu, dehidrasi akan membuat warna pekat pada air seni dan mengurangi fokus pada setiap aktivitas. Kondisi terburuk dari dehidrasi adalah risiko menurunnya kesadaran hingga kejang.


5. Lapar

Minum setelah makan secukupnya membantu perut lebih cepat terasa kenyang. Sering kali setelah selesai makan tanpa minum akan timbul rasa ingin makan kembali. Hal itulah yang membuat orang menambahkan porsi makannya. Setelah minum, barulah perut terasa penuh dan begah.

Beberapa orang minum air putih atau minuman lainnya agar perut bisa lebih cepat terasa kenyang, setelah makan secukupnya. Terkadang,  akan timbul rasa ingin makan lagi setelah kita selesai makan dan sebelum minum, sehingga akhirnya menambah porsi makan. Barulah saat minum, perut terasa penuh dan begah.

Beberapa sumber menyatakan bahwa makan sambil minum itu berbahaya, tetapi tidak minum setelah makan juga akan berdampak bagi kesehatan dan membahayakan tubuh, terutama bagian mulut dan kerongkongan.

Sekali pun beberapa akibat tidak minum setelah makan tak terlalu membahayakan kesehatan, tapi akan mengganggu rutinitas, apalagi jika berinteraksi dengan orang lain.

Beberapa sumber menganjurkan untuk minum 30 menit setelah makan agar kondisi pencernaan tetap prima. Namun, minum setelah makan akan membantu membuat perut cepat terasa kenyang sehingga kita tidak akan tergoda untuk menambah porsi makan. Selain itu juga akan terhindar dari bahaya dehidrasi.

Semoga bermanfaat, ya, Ladies.

Related posts

Leave a Comment