Ingin Rumah Sejuk Tanpa AC? Lakukan Trik Sederhana Ini!

Halo, Ladies!

Rumah yang sejuk adalah idaman semua orang, terutama di Indonesia yang merupakan salah satu negara yang beriklim tropis. Rumah merupakan tempat kita berteduh setelah seharian melakukan aktivitas di luar. Jadi, seharusnya rumah memberikan kenyamanan untuk beristirahat.

Solusi terbaik adalah memasang Air Conditioner (AC). Namun, tidak semua orang mampu memasang AC karena biaya yang diperlukan mahal, begitu pun perawatannya. Namun jangan khawatir, ada solusi cerdas agar rumah Ladies menjadi lebih sejuk dan dingin, walaupun tanpa menggunakan AC. Yuk, lakukan 5 trik ini.

1. Biasakan Membuka Jendela pada Malam Hari Sebelum Tidur

Saat malam hari, ada dua kebiasaan orang pada jendela rumahnya, yakni membukanya agar udara bisa masuk atau menutupnya demi keamanan.

Jika Ladies ingin rumah lebih sejuk, buka jendela saat malam hari beberapa saat sebelum tidur agar udara bisa masuk. Apalagi saat musim panas, udara malam akan membuat rumah menjadi sejuk. Namun, pastikan nyamuk tidak masuk, ya.

2. Pasang Tirai Jendela

Saat musim panas, coba perhatikan bagian rumah yang membuat panas. Bagian pertama yang diperbaiki adalah jendela karena merupakan ventilasi rumah. Agar rumah menjadi lebih dingin dan sejuk, pasang tirai pada jendela.

Ini sangat penting, siang hari saat matahari memancarkan sinar panasnya dengan tirai jendela panas agak berkurang. Jika memungkinkan, pakai tirai yang terbuat dari bambu.

tirai jendela via pinterest

3. Letakkan Tanaman di Sekitar Rumah

Mengapa rumah di pedesaan terlihat sejuk dan perkotaan cenderung panas? Karena kebanyakan lingkungan pedesaan di kelilingi berbagai tanaman. Jadi, mulai sekarang tanamlah tanaman di sekitar rumah. Ini akan sangat membantu membuat rumah menjadi sejuk. Jika mungkin buat tempat khusus atau taman kecil di dalam rumah.

tanaman di rumah via pinterest

4. Menggunakan Lampu Hemat Energi

Menggunakan lampu hemat energi dapa membuat ruangan lebih sejuk, meski tanpa AC karena bisa mengurangi emisi CO2 yang dapat memicu panas dalam ruangan. Jangan lupa, matikan lampu pada siang hari.

5. Ganti Warna Dinding Rumah dengan Warna Sejuk

Warna dinding rumah ternyata bisa memengaruhi sejuk tidaknya ruangan, contohnya bandingkan warna rumah hijau tua dengan biru muda. Ladies pasti akan merasa lebih dingin dengan warna biru muda karena memberi efek sejuk. Ada banyak kombinasi warna yang dapat digunakan. Misalkan putih biru muda oranye atau cokelat muda. Bisa juga dengan warna-warna yang kalem dan tidak mencolok.

via pinterest

Itulah beberapa tips membuat rumah menjadi  sejuk, meski tanpa AC. Cara lainnya adalah meninggikan langit-langit rumah atau plafon. Yuk, buat rumah Ladies lebih nyaman sekarang juga!

Related posts

Leave a Comment